Share

Psikolog Ingatkan Orangtua Tak Terpengaruh Tuntutan Sekitar kala Besarkan Anak

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Sabtu 27 Agustus 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 612 2655667 psikolog-ingatkan-orangtua-tak-terpengaruh-tuntutan-sekitar-kala-besarkan-anak-BMLxdRTTHu.jpg Ilustrasi Mengasuh Anak. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu yang membuat orangtua tidak nyaman untuk mengeksplor kemampuan anak mereka adalah banyaknya tuntutan. Bukan hanya tuntutan di keluarga besar, tetapi juga lingkungan sekitar.

Tuntutan orang-orang di lingkungan sekitar mengenai tumbuh kembang anak pun juga membebani anak. Akibatnya, anak malah merasa tidak nyaman dan akhirnya malah mempengaruhi mood mereka.

Psikolog dari Universitas Indonesia Putu Andani mengingatkan orang tua untuk tidak terpengaruh oleh tuntutan orang-orang di lingkungan sekitar mengenai tumbuh kembang si buah hati yang diasuhnya karena setiap anak memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda.

Mengasuh Anak

"Biasanya, tuntutan itu bisa jadi kita internalisasi karena kita pikir itu standar yang harus dipenuhi. Padahal, jadi ibu itu tidak Key Performance Index (KPI)-nya tidak segampang itu. Banyak faktor yang tidak bisa kita kontrol," ujar Putu seperti dilansir dari Antara.

"Misalnya, anak harus seperti ini-itu, dia harus bisa ini-itu, tapi kenyataannya anaknya delay speech, misalnya, atau disleksia. Oke, standarnya harus berprestasi, tapi kalau anaknya disleksia gimana?" kata dia.

Menurut Putu, jika terlalu banyak mengikuti tuntutan masyarakat mengenai tumbuh kembang anak, orang tua akan stres. Jika stresnya berlangsung terus-menerus, maka kondisi tersebut akan berubah menjadi parental burnout.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Kemudian jika burnout-nya tidak ditangani, maka akan berkembang jadi depresi. Enggak ada bunda yang paling juara, semuanya sama. Semua orang punya kondisi berbeda dan banyak faktor yang enggak bisa dikontrol. Tinggal kita yang harus manage ekspektasi kita," imbuh psikolog yang merupakan Co-Founder TigaGenerasi itu.

Saat mengasuh anak, kata Putu, yang paling penting dilakukan adalah memberikan cinta dengan sepenuh hati. Cinta orang tua pada anak dapat disampaikan dengan berbagai bahasa cinta seperti pujian, pelukan, hingga waktu.

"Yang si kecil butuhkan pada umumnya adalah mereka butuh dipahami, butuh dilihat, butuh didengar. Itu kan basic needs kita sebagai manusia. Yang dewasa aja butuh, apalagi anak-anak," ujar Putu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini