Share

6 Cara Tepat Mencuci dan Menyimpan Seprai Putih Agar Tak Gampang Menguning

Pradita Ananda, Okezone · Senin 29 Agustus 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 28 612 2656277 6-cara-tepat-mencuci-dan-menyimpan-seprai-putih-agar-tak-gampang-menguning-gviC0Sndvm.JPG Tips merawat seprai putih, (Foto: Thegoodsheet)

SEPRAI putih bisa dibilang memang riskan, karena membutuhkan perawatan khusus. Mengingat, sperai putih polos akan gampang berubah warna menjadi kusam dan menguning.

Salah satunya, apalagi kalau bukan karena salah cara teknik mencuci dan cara menyimpannya. Dua faktor ini, sangat berpengaruh loh untuk membuat seprai warna putih tetap awet.

Lantas bagaimana cara tepat mencuci dan menyimpan seprai putih agar tak gampang menguning? Melansir The Spruce, Senin (29/8/2022), yuk simak paparannya di bawah ini.

1. Pisahkan: Pisahkan seprai putih dari cucian lainnya, walau pun Anda mencucinya dengan air dingin. Dengan dipisahkan, bisa mencegah luntur atau bercampurnya alias transfer warna dari kain berwarna lainnya, yang bisa membuat seprai putih menjadi butek.

2. Hilangkan noda: Jika ada noda darah, riasan, atau makanan di seprai putih, sebaiknya ikuti panduan untuk menghilangkan noda untuk setiap jenis noda. Sebagian besar noda pada seprai dapat dihilangkan dengan mengoleskan sedikit deterjen tipe heavy, memakai jari atau sikat berbulu halus. Biarkan deterjen bekerja selama 15 menit untuk mulai mengangkat noda dari serat, sebelum seprai masuk ke mesin cuci.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Hindari mesin cuci yang penuh: Mencuci seprai putih di mesin cuci yang penuh, tidak akan memberikan hasil terbaik. Saat mesin cuci kelebihan beban, tidak ada cukup ruang bagi air untuk memenuhi permukaan kain dan membersihkan kotoran di seprai. Kotoran lalu akan menumpuk kembali pada kain, sehingga warna seprai putih Anda bisa kusam.

4. Pakai deterjen mengandung enzim: Deterjen yang mengandung enzim tingkat tinggi akan membuat seprai putih terlihat bersih. Enzim adalah bahan yang memecah noda dan bisa menghilangkan molekul body soil. Sebagai catatan, jika berencana untuk mencuci seprai putih memakai air dingin, maka pilih deterjen yang diformulasikan untuk digunakan dalam air dingin.

5. Jemur di bawah sinar matahari: Gantung dan jemur seprai di bawah sinar matahari, ini agar menjaga warna seprai tambah putih. Tahukah Anda, sinar ultraviolet matahari di sini bekerja sebagai zat pemutih. Jika Anda tidak memiliki jemuran, ikuti panduan pada label perawatan untuk pengaturan panas pengering yang tepat. Cobalah untuk tidak mengeringkan seprai secara berlebihan karena suhu temperatur yang berlebihan, justru bisa menyebabkan noda tidak hilang dan seprai jadi kuning.

6. Cara menyimpan: Sebelum menyimpan seprai putih, pastikan seprai sudah benar-benar bersih dan kering untuk mencegah pertumbuhan jamur. Jangan menyimpannya lemari atau rak berbahan kayu yang tidak dicat, sebab asam pada kayu bisa menyebabkan warna menguning. Hindari penyimpanan dalam kantong plastik, dan juga bak atau container yang membatasi aliran udara. Beberapa bahan plastik, diketahui mengeluarkan gas yang menyebabkan kain putih menjadi kuning.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini