Share

Jadi Pertolongan Pertama, 6 Jenis Obat yang Perlu Tersedia di Rumah

Agustina Wulandari , Okezone · Senin 29 Agustus 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 12 2656614 jadi-pertolongan-pertama-6-jenis-obat-yang-perlu-tersedia-di-rumah-l8aHxvLriN.jpg Ilustrasi kotak obat. (Foto: okezone.com/Freepik)

Di tengah cuaca yang tak menentu, gejala penyakit bisa muncul kapan saja. Begitupun, dengan terjadinya luka luar akibat jatuh atau tergores. Hal tersebut dapat teratasi lebih cepat dan tidak perlu menunggu jika obat-obatan yang diperlukan tersedia di rumah.

Oleh karena itu, memiliki stok obat-obatan di rumah merupakan hal yang harus diperhatikan guna menjadi pertolongan pertama. Simpan ketersediaan obat-obatan dalam satu wadah di tempat yang mudah terjangkau.

Lalu, apa saja obat yang dibutuhkan? Berikut enam jenis obat-obatan yang perlu tersedia di rumah.

1. Produk antiseptik solution

Luka luar seperti goresan, sayatan, atau luka bakar tentu membutuhkan pertolongan pertama agar tidak infeksi. Untuk itu, memiliki stok produk antiseptik menjadi hal yang perlu diperhatikan. Produk antiseptik ini biasanya tersedia dalam bentuk cairan, semprot, stick, dan salep.

Produk antiseptik ini dapat membantu mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab infeksi. Dengan begitu, luka luar dapat membaik lebih cepat dibanding jika didiamkan.

2. Antasida

Pola makan, menu makanan yang kurang sehat, terlalu kekenyangan, atau saat makan cepat sering kali menyebabkan gangguan pada pencernaan. Masalah pada pencernaan dan heartburn ini dapat dibantu diatasi dengan menggunakan antasida. Obat-obatan ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet yang dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tersedia juga dalam bentuk cairan.

3. Obat diare

Gangguan pencernaan lainnya yang tidak terduga datangnya ialah diare. Penyakit yang dapat disebabkan dari makanan ini kerap mengganggu aktivitas harian karena harus keluar-masuk toilet. Maka dari itu, obat diare wajib ada di kotak obat rumah Anda, ya.

4. Obat penurun demam atau pereda nyeri

Parasetamol, ibuprofen, dan aspirin menjadi salah satu obat yang wajib ada di rumah. Selain dapat menurunkan demam, obat-obatan ini juga dapat membantu meredakan nyeri, seperti nyeri otot, sendi, akibat haid, dan sakit kepala.

Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mengisi stok ketiga obat ini agar saat demam atau nyeri dirasakan, dapat terbantu lebih cepat tanpa perlu membeli obat-obatan terlebih dahulu.

5. Obat gosok

Setelah lelah beraktivitas, menghilangkan pegal-pegal di badan menjadi fokus utama. Hal ini bisa dibantu diatasi dengan menggunakan obat-obatan gosok, seperti balsem dan minyak atsiri.

Jenis obat-obatan ini tidak hanya dapat membantu menghilangkan pegal-pegal, namun juga bisa untuk menghangatkan badan dan mengurangi gatal akibat digigit serangga. Selain itu, obat gosok ini juga bisa membantu mengatasi perut kembung.

Jika dihirup, obat gosok ini dapat membantu menghangatkan dan melegakan saluran pernapasan. Obat gosok ini dapat berupa balsem dan minyak.

6. Obat pereda gejala flu dan batuk

Di tengah cuaca yang tak menentu, gejala flu dan batuk sering kali menghampiri. Jika tidak segera diatasi, gejala flu dan batuk ini bisa mengganggu aktivitas harian, bahkan dapat memengaruhi pada kondisi tubuh.

Untuk pertolongan pertama, gejala flu dan batuk ini bisa dibantu dengan minum obat gejala flu dan batuk yang dapat dijual secara bebas, seperti Decolgen, Mixagrip, dan Siladex.

Ketiga obat tersebut juga memiliki beberapa varian. Decolgen sendiri memiliki varian berupa, Decolgen tablet, Decolgen FX, Decolgen PE, Decolgen Liquid, dan Decolgen Kids, pilihlah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Beda lagi dengan Mixagrip, obat yang bisa dikonsumsi dari rentang usia mulai 6 tahun ini memiliki dua varian berupa Mixagrip Flu dan Mixagrip Flu dan Batuk. Sebelum mengonsumsinya, pastikan dulu dosis untuk usia 6 sampai 12 tahun dan dewasa, ya.

Jika batuk Anda mulai mengganggu, bisa dengan memilih Siladex. Obat batuk satu ini memiliki banyak varian, sehingga diperlukan untuk memilih sesuai dengan batuk yang dialami. Berbagai varian tersebut di antaranya, Siladex Antitussive, Siladex Mucolytic dan Expectorant, Siladex Cough and Cold, Siladex DMP, dan Siladex Flu.

Ketiga obat-obatan tersebut dapat dibeli melalui Tokopedia, sehingga menjadi lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo dan penawaran menarik dari Tokopedia, belanja jadi lebih hemat. Jangan sampai terlewatkan!

Itulah sederet jenis obat-obatan yang perlu ada di rumah. Selain itu, cek juga ketersediaan obat dari riwayat penyakit tertentu yang dimiliki anggota keluarga lainnya, misalnya alergi, hipertensi, asma, dan lain-lain.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini