Share

Sederet Kesalahan saat Pakai Kondisioner, Tak Kalah Penting Dibanding Sampo

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 29 Agustus 2022 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 611 2656559 sederet-kesalahan-saat-pakai-kondisioner-tak-kalah-penting-dibanding-sampo-NQbGTyRS3i.jpeg Ilustrasi Penggunaan Kondisioner. (Foto: Shutterstock)

MENGGUNAKAN kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo memang sangat disarankan. Pasalnya, kondisioner akan membantu melindung rambut agar kelembapannya terjaga, lembut serta lebih mudah diatur.

Selain itu, menggunakan kondisioner juga akan menghilangkan bahan kimia yang ada di sampo. Kebanyakan sampo juga menggunakan bahan kimia yang kasar pada folikel rambut sehingga rambut yang baru dicuci bisa menjadi kering, kusam, dan sulit ditata.

Ahli dermatologi dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV mengatakan bahwa pada dasarnya tipe rambut kering membutuhkan kondisioner. Sebab, penggunaan sampo membuat sebum di kepala hilang.

Kondisioner

"Pada prinsipnya kalau tipe rambut kering pasti butuh kondisioner. Cuma pemakaiannya suka enggak pas kayak sampai ke kulit kepala padahal kan harusnya di batang rambut aja," ujar dr. Kardiana seperti dilansir dari Antara.

Penggunaan kondisioner yang menyentuh kulit kepala akan membuat rambut terlihat lepek. Hal ini disebabkan lantaran kondisioner digunakan setelah sampo, sehingga air saja tidak cukup untuk membersihkan sisa sampo yang menempel di kulit kepala.

dr. Kardiana juga mengatakan orang yang setiap hari mencuci rambut atau keramas tidak perlu memakai kondisioner setiap hari.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Kondisioner di batang rambut saja, jangan sampai ke kulit kepala karena nanti lepek. Soalnya di kulit kepala ada folikel rambut yang punya sebum, bayangkan jutaan sebum atau minyak dari rambut terus ditambah lagi kondisioner yang nempel di kulit kepala," katanya.

Selain rambut kering, rambut yang sering ditata dengan alat panas, dikeriting atau diwarnai juga perlu menggunakan kondisioner. Memilih kondisioner tidak bisa sembarangan dan harus disesuaikan dengan jenis dan rutinitas penataan rambut.

Rambut dengan tekstur yang berbeda akan membutuhkan bahan yang berbeda untuk merawatnya dengan baik. Rambut yang sering dikeringkan dengan hair dryer setiap hari atau sering diwarnai juga membutuhkan kelembapan ekstra.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini