Share

Keren, 10 Hewan Ini Punya Kepintaran Setara Manusia

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 29 Agustus 2022 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 612 2656421 keren-10-hewan-ini-punya-kepintaran-setara-manusia-dl6MhIWDhU.jpg Ilustrasi (Foto: ASPCA)

MENGENAL 10 hewan ini punya kepintaran setara manusia. Kita semua tahu bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling cerdas. Kita memiliki kemampuan untuk merasakan, berpikir, dan melakukan tindakan yang menurut kita, kita anggap benar.

Namun, ciptaan Tuhan lainnya hewan juga cerdas. Meskipun otak mereka tidak dapat dibandingkan dengan otak kita, faktanya mereka memang mampu melakukan banyak hal dengan cara yang sempurna.

Hal itu dilakukan supaya kita bisa mengambil manfaat dari hewan-hewan tersebut. Tahukah kamu, ada beberapa hewan memiliki kemampuan khusus yang membedakan mereka dengan hewan kebanyakan.

Berikut adalah 10 hewan ini punya kepintaran setara manusia yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Semut

Semut hewan

Jangan dilihat dari ukuran mereka, meskipun semut adalah anggota terkecil dari kerajaan hewan dan tidak memiliki otak yang besar, mereka sangat cerdas. Sistem komunikasi dan masyarakat yang kompleks sudah dimiliki semut. Mereka pun mulai bertani hampir 50 juta tahun sebelum manusia.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Mereka akan mengolah jamur di daun dan memakannya, dan trik ini dikenal sebagai pertanian jamur. Semut membuat koloni yang tepat, dan memiliki panjang ribuan mil yang berbeda untuk bertani, menyimpan, dan mengumpulkan makanan. Meskipun semut tidak dapat berbicara, mereka cukup cerdas untuk melakukan banyak hal lain.

2. Gajah

Hewan Gajah

Ini adalah mamalia terbesar dan termasuk keluarga Elephantidae. Juga, ini adalah salah satu hewan paling keras yang ada. Mereka memiliki otak terbesar, meskipun tidak membuat mereka yang paling cerdas.

Seekor gajah memiliki kemampuan untuk meniru banyak jenis suara, dan mereka juga dapat menggunakan banyak alat di hutan untuk berburu makanan. Mereka bahkan memiliki ingatan yang sangat kuat, dan tidak melupakan hal-hal dengan mudah, tidak seperti kebanyakan dari kita.

3. Gurita

Hewan Gurita

Gurita adalah hewan tak bertulang belakang dan menurut beberapa penelitian, mereka adalah pemburu hebat yang memanfaatkan pikiran mereka saat berburu. Mereka juga menggunakan banyak strategi untuk melindungi diri dari pemangsa.

Ketika mereka ditemukan oleh orang lain, mereka melepaskan warna hitam yang aneh dan juga mengubah bentuk tubuh mereka. Ada hampir 300 spesies Octopus yang diketahui hingga sekarang.

4. Babi

Hewan Babi

Banyak penelitian membuktikan bahwa babi adalah salah satu hewan paling cerdas dan sosial di dunia ini. Ada sedikit kesamaan antara manusia dan babi, misalnya, mereka dapat memakan hampir semua makanan, dan mungkin inilah mengapa mereka banyak digunakan percobaan untuk pengobatan.

Banyak penelitian membuktikan bahwa babi sama cerdasnya seperti anak berusia 3 tahun. Mereka menggunakan 20 jenis suara untuk tujuan komunikasi, dan mereka tidak pernah melupakan rumah mereka. Bahkan bayi babi kecil pun bisa mengerti apa yang ibu mereka katakan, melalui suara berbeda yang mereka gunakan.

5. Anjing

Anjing

Anjing adalah teman terbaik manusia dan mereka sangat pintar. Mereka dapat mempelajari berbagai trik dan mengulanginya sesuai perintah. Mereka dapat memahami perasaan manusia dengan mudah ketika mereka sedih, bahagia, dan marah, dan cenderung berperilaku sesuai. Anjing sangat cerdas, sehingga mereka bahkan berperilaku dengan cara tertentu dan dapat menenangkan majikan mereka ketika marah.

6. Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah salah satu hewan yang paling ramah, mereka bahkan dapat mengenali diri mereka sendiri di cermin dan menunjukkan seberapa cerdas mereka. Lumba-lumba hidung botol, dikenal memiliki otak terbesar di seluruh kerajaan hewan. Mereka mampu membantu manusia memecahkan banyak misteri yang terhubung ke lautan.

Mereka bahkan dapat menunjukkan emosi yang berbeda seperti suka dan duka. Bahkan ketika lumba-lumba tidur, hanya satu bagian dari otak mereka yang tidur dan yang lainnya tetap aktif untuk bertahan melawan ancaman apa pun.

7. Gagak

Ukuran otak gagak hampir seukuran jempol manusia, cukup besar mengingat ukuran tubuhnya. Ini membantu mereka memecahkan masalah yang rumit dan juga mereka memiliki ingatan yang baik. Menurut para ilmuwan, gagak memiliki kemampuan untuk mengingat dan mengenali setiap wajah manusia.

Bagian otak gagak yang berbeda mulai menyala ketika mereka melihat seseorang dan mencari tahu apakah mereka mengancam atau ramah. Jadi, lain kali Anda berpikir untuk menyakiti seekor burung gagak, ingatlah bahwa mereka tidak akan lupa.

8. Tikus

Hewan Tikus

Beberapa tahun lalu, para ilmuwan menemukan bahwa tikus sama seperti manusia, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan apa yang tidak mereka ketahui. Penelitian pun membuktikan bahwa tikus geli, sadar diri, dan bahkan bermimpi seperti kita manusia

Tikus peliharaan sangat sosial dan berbagi ikatan kuat dengan manusia mereka. Mereka dapat mempelajari nama mereka dan datang ketika dipanggil. Mereka bahkan memohon untuk keluar dari kandang mereka ketika mereka ingin bermain dengan pemiliknya.

9. Simpanse

Hewan Simpanse

Juga dikenal sebagai simpanse atau kera, hewan-hewan asli Afrika sub-Sahara ini sangat cerdas. Simpanse menyerupai manusia tidak hanya sejauh menyangkut penampilan mereka tetapi juga mereka dapat berpikir seperti kita manusia untuk tingkat yang baik.

Mereka berkomunikasi dalam kelompok mereka dengan cara yang luar biasa. Mereka juga dapat menggunakan alat yang mereka temukan di hutan, untuk mencari makanan atau menemukan komunitas mereka. Jika simpanse dilatih dengan benar, mereka bahkan dapat belajar bahasa manusia.

10. Lebah

Lebah

Lebah ternyata masuk kedalam hewan pintar karena dinilai memiliki kreatifitas tinggi. Dapat dilihat bagaimana mereka membangun sarang yang sangat kuat.

Nah, itulah tadi setidaknya 10 hewan ini punya kepintaran setara manusia. Bagaimana menurutmu?

(RIN) 

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini