Share

4 Manfaat Forest Bathing, Tren Kesehatan Ala Jepang

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 29 Agustus 2022 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 612 2656837 4-manfaat-forest-bathing-tren-kesehatan-ala-jepang-L0gqWLU0aZ.jpg Ilustrasi Kamar Mandi. (Foto: Freshome)

BERENDAM di bak mandi memang bisa mengurangi stres, apalagi ditambah dengan menikmati pemandangan. Nah, metode inilah yang disebut forest bathing, sebuah metode mandi ala Negeri Sakura.

Istilah forest bathing muncul di Jepang pada tahun 1980-an ketika pemerintah setempat mempromosikan aktivitas menikmati pemandangan alam sebagai sebuah terapi.

Aktivitas forest bathing bisa kamu lakukan sesederhana berjalan di alam dan dengan penuh kesadaran terhubung dengan lingkungan sekitar. Forest bathing berasal dari kata shinrin-yoku. Shinrin berarti hutan dan yoku artinya mandi.

Secara sederhana, forest bathing adalah aktivitas memanjakan seluruh pancaindra dengan bermandikan suasana alam, seperti hutan. Artinya, untuk melakukan aktivitas ini kamu hanya perlu berada di alam dan menikmati suasananya melalui indra pendengaran, rasa, penciuman, dan perabaan.

Mandi di Bathup

Nikmati suasana alam secara menyeluruh. Tinggalkan gawai dan biarkan seluruh tubuh kamu merasakan suasana alam. Berjalanlah dengan kecepatan lambat, hirup udara, amati pemandangan sekitar, dan dengarkan apa yang disuguhkan alam.

Jangan terburu-buru ketika melakukan forest bathing, ya! Kamu perlu meluangkan waktu untuk dapat menikmati alam secara perlahan. Selain di hutan, kamu juga dapat melakukan forest bathing di lingkungan alam mana pun, termasuk kebun atau taman di dekat rumah.

Ada sejumlah manfaat forest bathing yang bisa kamu peroleh seperti dilansir dari KlikDokter, di antaranya:

1. Mengubah Keadaan Tubuh Jadi Lebih Baik

Dalam suatu studi, ditemukan bahwa orang yang pergi berkemah di alam selama beberapa hari menjadi lebih relaks.

Beberapa orang yang tadinya cenderung tertutup, juga menjadi lebih mudah bergaul ketika berada di alam. Selain itu, selepas berkemah, kinerja mereka juga menjadi lebih baik di pekerjaan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Meningkatkan Fokus

Suasana hati dapat berubah menjadi lebih baik setelah berjalan di alam selama 40-50 menit. Pada gilirannya, manfaat ini dapat membantu meningkatkan fokus.Karenanya, jika kamu kesulitan konsentrasi, luangkan waktu untuk forest bathing, ya!

3. Menimbulkan Rasa Tenang dan Empati

Penelitian juga menemukan ada lebih banyak aliran darah yang terdapat pada amigdala, yaitu bagian otak yang mengolah rasa takut dan cemas. Kondisi ini terjadi ketika seseorang melihat gambar perkotaan.

Sebaliknya, ketika melihat gambar alam, bagian otak yang berhubungan dengan empati dan altruisme justru menyala. Peneliti menduga alam bisa membuat seseorang merasa tenang dan memiliki empati lebih baik.

4. Mengurangi Stres

Peneliti menemukan ketika berada di lingkungan yang penuh tekanan, seperti jalanan ramai, manusia cenderung mengalami stres dan lelah mental. Sebaliknya, ketika berada di lingkungan yang tidak mengancam, seperti taman yang luas, manusia tidak memfokuskan dirinya pada emosi negatif.

Elemen visual alam, misalnya matahari terbenam, sungai, ataupun kupu-kupu dinilai dapat mengurangi stres dan kelelahan mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini