Share

8 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Gita Chaerani, Okezone · Rabu 31 Agustus 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 298 2657268 8-makanan-yang-baik-dikonsumsi-saat-sarapan-untuk-menurunkan-berat-badan-Zts8c472Go.jpg Menu sarapan untuk menurunkan berat badan (Foto: Healthline)

DALAM menjalankan rencana diet, seseorang harus tetap mengonsumsi sarapan di pagi hari agar tidak cepat lapar. Namun, menu sarapan untuk seseorang yang sedang diet tentunya berbeda dengan yang lain.

Sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang sampai waktu makan siang untuk meminimalkan ngemil. Hal itulah sebab mengapa jangan menjeda waktu sarapan ketika diet.

Berikut 8 makanan untuk sarapan yang bisa dikonsumsi saat diet, dirangkum dari Healthline, Rabu (31/8/2022).

1. Telur

Telur Orak-Arik

Telur merupakan salah satu yang kaya akan protein dan banyak vitamin penting. Berkat kandungan protein di dalamnya, telur dapat mengurangi nafsu makan dan memberikan dorongan untuk mengenyangkan.

2. Gandum

Olahan gandum yang sering dimakan biasanya dibuat menjadi roti. Dari satu porsi gandum seberat 28 gr, terdapat hampir 4 gr serat di dalamnya. Dalam sebuah penelitian, gandum bermanfaat mengurangi nafsu makan.

3. Pisang

Buah yang tinggi serat dan rendah kalori ini merupakan alternatif menu sarapan yang baik. Satu pisang berukuran sedang memiliki lebih dari 100 kalori dan mengandung 3 gr serat. Serat ternyata dapat membantu memperlambat pengosongan perut.

4. Yoghurt

Bahan ini biasanya dicampur ke dalam beberapa menu untuk menambah rasa. Secara khusus, yoghurt memberikan sebagian besar protein dalam setiap porsi dan menjadikannya makanan sarapan penurun berat badan yang ideal.

5. Smoothie

Smoothie merupakan salah satu menu sarapan yang cepat dibuat. Orang-orang sering mengonsumsi ini sebagai sarapan yang nyaman di perut. Membuat smoothie dengan sayuran dn buah-buahan rendah kalori dapat meningkatkan asupan serat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Kopi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa secangkir kopi pagi akan membawa manfaat penurunan berat badan yang besar. Kopi mengandung kafein yang dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolism dan pembakaran lemak. Perlu diingat, tidak semua orang bisa mengonsumsi kopi di pagi hari.

7. Teh Hijau

Teh Hijau

Rata-rata hampir semua suplemen diet memiliki teh hijau sebagai bahan di dalamnya. Namun, Anda bisa mengonsumsi teh hijau langsung dengan cara memberi perasa lemon dan sedikit madu untuk memberikan rasa lezat.

8. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan sarapan yang rendah kalori namun tinggi serat. Secara khusus, oat adalah sumber betaglukan yang sangat baik serta terbukti dapat memengaruhi segala hal mulai dari fungsi kekebalan hingga kesehatan jantung.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini