Share

Cara Menghitung Weton Jawa, Cek Keberuntungan Kamu Di Sini

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 31 Agustus 2022 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 31 2658012 cara-menghitung-weton-jawa-cek-keberuntungan-kamu-di-sini-kOsKChsm5p.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

CARA menghitung weton Jawa menarik untuk diulas. Jawa merupakan pulau dengan banyak tradisi berbeda, bahkan banyak yang masih berpegang teguh pada kebudayaan. Salah satu tradisi Jawa yang diwariskan dan masih banyak orang menggunakannya adalah perhitungan weton.

Perhitungan weton Jawa biasanya digunakan untuk menentukan tanggal baik saat akan menyelenggarakan suatu acara atau bisa menunjukkan keburuntungan. Seperti acara pernikahan, pindah rumah, dan lain-lain. Selain itu juga digunakna untuk mencocokan jodoh.

Weton Jawa

Karena digunakan untuk tujuan penting, maka yang menghitung weton biasanya adalah seorang tetua atau orang yang memiliki cukup ilmu. Mungkin masih banyak yang awam mengenai cara menghitung weton Jawa. Berikut Okezone berikan penjelasannya.

Menghitung weton Jawa dari neptu hari dan pasaran Jawa. Perhitungan weton dengan menggunakan hari dan pasaran Jawa biasanya digunakan untuk menentukan watak seseorang, keberuntungan, kecocokkan pasangan, dan kesuksesan.

Cara yang pertama untuk menghitung weton bisa dengan menggunakan neptu hari dan pasaran Jawa. Yang dimaksud dengan neptu hari dan pasaran Jawa adalah nilai dari masing-masing hari dan pasaran Jawa. 

-Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar neptu hari:

Senin : 4

Selasa : 3

Rabu : 7

Kamis :8

Jumat :6

Sabtu : 9

Minggu : 5

-Sedangkan untuk neptu pasaran Jawa adalah sebagai berikut:

Wage : 4

Kliwon : 8

Legi : 5

Pahing : 9

Pon : 7

Dari daftar di atas, anda bisa melihat jika setiap hari atau pasaran Jawa memiliki neptu atau nilai yang berbeda-beda. Acuan untuk menghitung weton adalah hari lahir dan pasaran Jawa seseorang. 

Sebagai contoh,  anda lahir pada Kamis Wage maka neptu yang anda miliki adalah 9+4= 13. Jadi weton anda pada Kamis Wage adalah 13. 

-Menghitung Weton Jawa dari Neptu Bulan dan Tahun Jawa

Perhitungan weton Jawa dnegan menggunakan neptu bulan dan tahun Jawa biasanya digunakan untuk perkiraan musim tanam, musim hujan, msuim kemarau, dan lain-lain. 

Cara perhitungan ditentukan dari neptu bulan dan tahun Jawa. Kalender Jawa memiliki nama-nama bulan yang tidak jauh berbeda dari nama bulan di kalender Islam. 

Bedanya adalah pada nama-nama tahun pada kalender Jawa. Ada 8 jenis nama pergantian tahun pada kalender Jawa, maka dari itu dikenal dengan pergantian tahun sewindu sekali. 

-Berikut adalah daftar neptu bulan dalam kalender Jawa:

Suro: 7

Sapar: 2

Mulud: 3

Bakda Mulud: 5

Jumadil Awal: 6

Jumadil Akhir: 1

Rajab: 2

Ruwah: 4

Puasa/Ramdhan: 5

Sawal: 7 

Dzulkaidah: 1

Dzulkaijah: 3

-Lalu neptu tahun dalam kalender Jawa:

Alip: 1

Ehe: 5

Jimawal: 3

Je: 7

Dal: 4

Be: 2

Wawu: 6

Jimakhir: 3

Cara perhitungannya tak beda jauh dari sebelumnya, yaitu anda bisa menambahkan neptu bulan dan tahun Jawa lahirnya seseorang. Misal anda lahir pada Suro Jimawal, 7 + 3 = 10. Maka angka 10 adalah weton anda berdasarkan bulan dan tahun Jawa. 

Arti Perhitungan Weton untuk Mencocokan Jodoh:

• Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Hasil perhitungan tersebut memiliki arti bahwa anda dan pasangan terindikasi kemungkinan mendapatkan masalah dalam hubungan. Sehingga termasuk kategori rawan. 

• Ratu (2, 11, 20, 29)

Tafsir dari hasil weton tersebut mengindikasikan hubungan anda termasuk beruntung dan karena anda serta pasangan adalah jodoh sejati. 

•  Jodoh (3, 12, 21, 30)

Jelas tertulis jika anda memiliki weton di atas berarti anda dan pasangan berjodoh dan akan memiliki kehidupan yang rukun. 

• Topo (4, 13, 22, 31)

Pemilik weton ini harus waspada karena weton ini meramalkan hubungan anda dan pasnagan akan mendapatkan kesulitan di awal. 

• Tinari (5, 14, 23, 32)

Diramalkan bagi yang memiliki weton ini akan mendapatkan rezeki yang cukup dalam berumah tangga. 

• Padu (6, 15, 24, 33)

Meski tidak akan berujung perceraian, namun weton yang satu ini akan membuat kehidupan rumah tangga anda dan pasangan cukup buruk.

•  Sujanan (7, 16, 25, 34)

Menurut primbon Jawa, pemilik weton ini akan mudah bertengkar besar dalam rumah tangga dan diakibatkan orang ketiga. 

• Pesthi (8, 17, 26, 35)

Konon pemilik weton ini akan hidup rukun. 

Demikian cara menghitung weton Jawa untuk mencocokan keburuntungan mapun kehidupan pribadi lengkap dengan artinya. Tentunya perhitungan tersebut tidak sepenuhnya benar karena masalah nasib hanya Tuhan yang mengehatahui. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini