Share

Turunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Perlu Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Gita Chaerani, Okezone · Kamis 01 September 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 298 2658768 turunkan-gula-darah-penderita-diabetes-perlu-coba-konsumsi-5-makanan-ini-Wl2jqD3Tfd.jpeg Makanan penurun gula darah (Foto: Timesofindia)

MENGATUR pola makan penting bagi penderita diabetes. Hal ini untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

Bagi penderita diabetes atau kondisi lain yang dapat mempengaruhi gula darah, mengatur pola makan sehat adalah bagian utama. Ada beberapa faktor seperti berat badan, aktivitas, tingkat stres, dan genetika yang dapat memengaruhi gula darah.

Sementara itu, makanan dengan pemanis dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah pada tubuh. Namun jangan khawatir, ada beberapa sayuran yang baik dikonsumsi untuk menurunkan gula darah. Okezone sudah rangkumkan dari Healthline, Kamis (1/9/2022).

Labu

Labu

Labu adalah pilihan tepat untuk pengaturan gula darah, faktanya labu digunakan sebagai obat diabetes tradisional di banyak negara seperti Meksiko dan Iran. Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.

Kimchi

Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk probiotik, mineral, dan antioksidan, dan memakannya telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan sensitivitas insulin.

Brokoli

Salah satu sayuran yang dapat menurunkan gula darah adalah brokoli. Dalam brokoli terdapat sumber glukosinolat yang dapat meningkatkan sesitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Makanan laut

Makanan laut termasuk ikan dan kerang ternyata menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga dalam membantu mengatur kadar gula darah. Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah.

Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang.

Biji chia

Makan biji chia dapat membantu mengontrol gula darah. Penelitian telah mengaitkan konsumsi biji chia dengan penurunan kadar gula darah dan peningkatan sensitivitas insulin.

Sebuah penelitian pada 15 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa peserta yang menerima 1 ons (25 gram) biji chia tanah bersama dengan 2 ons (50 gram) larutan gula mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 39%, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini