Share

Rumah Mode Mewah Kerap Rilis Koleksi 'Nyeleneh', Ini Kata Pengamat Fesyen

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Sabtu 03 September 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 03 194 2660272 rumah-mode-mewah-kerap-rilis-koleksi-nyeleneh-ini-kata-pengamat-fesyen-fGD9H6X7VA.JPG sandal jepit botol plastik keluaran Balenciaga, (Foto: Instagram @neondazer)

DUNIA industri fesyen memang penuh dinamika, karena seiring berjalannya waktu, dunia fesyen makin beragam. Bahkan, yang tak masuk akal bisa menjadi sesuatu yang mewah dan bernilai tinggi.

Seperti yang ditemukan dalam beberapa koleksi ‘nyeleneh’ salah satu rumah mode kenamaan dunia, Balanciaga akhir-akhir ini. Setelah sempat heboh dengan koleksi Crocs Heels, baru-baru ini brand luxury asal Spanyol ini kembali mengeluarkan koleksi merakyat berupa sandal jepit botol plastik.

Tak sekali dua kali, Balenciaga terhitung sudah beberapa kali mengeluarkan koleksi-koleksi ‘nyeleneh’ yang identik dengan tema yang terinspirasi dari item fashion yang ‘merakyat’. Sebut saja, mulai dari tas karet kolaborasi Balenciaga dan Crocs, sepatu ‘belel’ bernama Paris Sneaker, sweater aksen bolong-bolong, hingga tote bag biru yang mirip dengan tas belanja dari toko furniture IKEA.

Lantas? Mengapa brand luxury sekelas Balenciaga kerap mengeluarkan beberapa produk fesyen yang aneh atau ‘nyeleneh’ ini?

Pengamat Fashion sekaligus Fashion Writer & Editorial Director LUXINA, Syahmedi Dean mencoba mengelaborasi, sekiranya mengapa Balenciaga kerap mengeluarkan beberapa produk fesyen ‘nyeleneh’.

Hal ini menurutnya adalah karena memang brand tersebut, punya konsep yang mengangkat hal-hal atau benda-benda dari basic life yang memiliki practical aspect ke level luxury (mewah kelas tinggi).

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

“Ini strategi yang jitu, karena mengangkat benda-benda sehari-hari ke level luxury akan sangat diperbincangkan, pro dan kontra, hater dan lover akan bersatu, tetapi yang penting produknya viral tanpa keluar banyak biaya,” ujar pria yang akrab disapa Dean ini, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu, (3/9/2022).

Dean menambahkan, besarnya potensi strategi yang dilakukan Balanciaga melalui produk ‘nyeleneh’ ini sehingga bisa dilirik oleh konsumen fashion luxury.

Menurutnya, tak heran potensi bisnis yang cukup besar dari Balanciaga inilah, yang membuatnya menjadi salah satu top 20 luxury fashion brand dari banyak data ranking yang ada. Dean menjelaskan, produk fesyen dengan tema yang mengangkat sesuatu yang tak masuk akal menjadi sesuatu produk yang luxury memiliki nilai fesyen yang cukup besar. Terutama, di negara-negara yang dinilai sudah ‘mapan’.

“Memakai tas atau alas kaki yang idenya dari rakyat jelata untuk naik Bentley atau Maserati, ke tempat-tempat yang mewah dan luxury lifestyle, akan sangat seru. SAemacam ada kesan adventure, karena terjadi tabrakan level gaya hidup,” ungkapnya.

Namun, Dean menilai, hal ini sulit popular dan berhasil di negara-negara berkembang dan negara miskin. Pasalnya, tas kresek atau botol plastik bisa mudah dilihat berserakan di mana-mana. Menjadikan, hal semacam ini tak istimewa lagi jika memakai sandal botol plastik untuk sekedar jalan-jalan sore.

“Makanya reaksi-reaksi kritis terhadap kreativitas Balenciaga ini bisa dibilang kebanyakan ya datang dari negara-negara berkembang dan miskin, karena ide tersebut dianggap mengada-ada, buang-buang uang,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Dean, tren tema ‘nyeleneh’ dalam produk brand luxury seperti Balanciaga tidak mungkin memicu brand-brand lain untuk melakukan hal yang sama sebagai strategi marketing brandnya.

Sebab, menurutnya, beberapa brand luxury ternama lain seperti Dior, Chanel, Fendi, atau Celine sudah cenderung dicintai orang-orang Asia yang lebih menyukai produk-produk mewah dan classy.

“Jenama-jenama tersebut sudah cenderung digandrungi di Asia, terutama kalangan upper class yang menyukai sesuatu yang sopan, mewah, classy, anggun, dan mampu menopang kesenangan orang Asia menggunakan perhiasan-perhiasan mahal,” pungkas Dean.

 BACA JUGA:Sandal Jepit Botol Plastik Seharga Rp13 Juta, Dipakai Justin Bieber!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini