Share

Keren! Anak-Anak Berkebutuhan Khusus Pamer Karya Rancangan Sendiri di Indofest 2022

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 03 September 2022 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 03 194 2660307 keren-anak-anak-berkebutuhan-khusus-pamer-karya-rancangan-sendiri-di-indofest-2022-fQLiPFdYSK.JPG fesyen show anak-anak berkebutuhan spesial di Indofest 2022, (Foto: MPI/ Aldi Chandra)

PANGGUNG Indofest 2022 yang digelar hari ini, Sabtu (3/9/2022) tampak berbeda. Terlihat beberapa anak berlenggak-lenggok ceria dengan pakaian kasual, bertemakan semangat Indonesia.

Terlihat lebih spesial, ternyata anak-anak tersebut bukanlah anak biasa. Melainkan anak-anak berkebutuhan khusus.

Ya, enam orang anak berkebutuhan khusus diberi kesempatan untuk unjuk gigi di acara Indofest 2022. Keenamnya diberi ruang, untuk berkreasi dan menunjukan kepada masyarakat bahwa mereka bisa berdaya dan kreatif.

Anak-anak dari PKBM Puspa Terang Nusantara Bandung, Jawa Barat, tersebut diketahui mengeluarkan koleksi spesial berkolaborasi dengan brand lokal Zoleka.

"Anak-anak spesial ini luar biasa. Mereka punya potensi dan berhak atas kesempatan yang sama seperti anak-anak lainnya. Itu kenapa, kami memberi ruang yang sangat luas untuk anak-anak ini agar berkembang dan menginspirasi anak-anak lainnya," kata CEO dan Founder Zoleka Irene Ridjab, saat ditemui langsung di Indofest 2022.

(Foto: MPI/Aldhi Chandra) 

Produk fashion yang dirilis ini, diketahui sepenuhnya merupakan hasil desain tangan kreatif anak-anak berkebutuhan spesial ini.

Irene menambahkan, dengan adanya panggung Indofest 2022 semacam ini, memberi ruang sekaligus pembuktian dan mematahkan imej yang melekat selama ini, bahwa anak-anak berkebutuhan khusus adalah anak yang kurang berdaya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Irene menambahkan, motif di kaus yang dikenakan anak-anak ini adalah 100 persen buatan tangannya sendiri.

"Kami dari brand hanya 'menghaluskan' lagi gambar yang sudah jadi, sehingga bisa lebih menarik untuk diaplikasikan di produk fashion. Apa yang dihasilkan anak-anak luar biasa ini benar-benar menakjubkan, dan sangat layak untuk dipasarkan," serunya.

"Kami juga memastikan bahwa hasil penjualan produk fashion kolaborasi ini akan diterima sebagian untuk anak-anak tersebut. Ini bentuk nyata kami memberikan dukungan pada anak-anak spesial, sehingga mereka merasa berdaya dan dapat menjadi manfaat sekaligus inspirasi bagi anak-anak lainnya," kata Irene.

 

(Foto: MPI/Aldhi Chandra) 

Fashion show anak-anak spesial ini terasa sangat berbeda. Anda mungkin tidak melihat cara jalan bak model profesional, tapi keceriaan dan juga semangat yang disebarkan anak-anak di atas panggung sangatlah menyentuh.

Berdasar pantauan MNC Portal langsung di lapangan, terlihat banyak pengunjung yang terharu melihat aksi luar biasa anak-anak spesial ini.

Sementara itu, pembina PKBM Puspa Terang Nusantara, Devi Sumarno mengungkapkan anak-anak tersebut memang sangat bersemangat akan tampil, unjuk gigi memamerkan koleksinya kepada khalayak.

"Anak-anak ini saat tahu bahwa mereka akan tampil di Jakarta senang bukan makin. Kami kan datang dari Bandung bareng-bareng semua ini. Mereka sangat antusias dan semangat sekali untuk ikut fashion show di Indofest 2022," cerita Devi.

Devi menambahkan, 'panggung' untuk anak-anak spesial itu sangat berarti bagi mereka. Sebab, itu artinya masyarakat menerima keberadaan mereka, mengapresiasi apa yang diciptakan, dan ikut bangga atas pencapaian anak-anak tersebut. Ia pribadi, berharap agar masyarakat semakin menerima keberadaan anak-anak spesial ini.

"Dengan begitu, semangat mereka pun akan terbakar dan tidak dianggap berbeda sekalipun tetap punya kekurangan," pungkas Devi.

Di fashion show Indofest 2022 ini, anak-anak spesial yang terlibat menjadi ilustrator untuk Zoleka antara lain Jose, Latisha, Marthen, Oline, Jordan, dan Vina. Keenam anak ini membuat desain sangat beragam dan berkarakter.

Misalnya Jose yang membuat desain tulisan 'INDONESIA' dengan begitu indah, Latisha membuat desain 'Unity in Diversity', lalu Marthen dengan gambar Indonesia, Oline menonjolkan keindahan Batik Mega Mendung, Jordan dengan motif 'INDONESIA' ditambah bendera merah putih, serta Vina menampilan keindahan wayang. Keren dan membanggakan bukan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini