Share

Tips Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit dengan Kolagen, Ladies Wajib Baca!

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Minggu 04 September 2022 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 611 2660576 tips-meningkatkan-kesehatan-dan-kecantikan-kulit-dengan-kolagen-ladies-wajib-baca-zHJMbK3Gpy.jpg Kesehatan kulit (Foto: The healthy cells chick)

BAGI Anda yang menggemari produk kecantikan dan suplemen kesehatan, Anda tentu tak asing dengan kata kolagen. Namun, apakah Anda telah memahami apa itu kolagen?

Kolagen merupakan jenis protein yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Kolagen membentuk sepertiga protein pada tubuh manusia.

Kolagen mengandung berbagai manfaat yang dipercaya dapat melembabkan kulit serta membuat kulit lebih cerah dan halus.

Selain itu, kolagen juga merupakan bagian dari jaringan ikat di kulit yang membantu dalam kekencangan, kekenyalan dan pembaruan sel-sel kulit secara konstan sehingga sangat penting untuk elastisitas kulit.

Namun, jika kekurangan kolagen, kulit akan menjadi kering, berkerut dan kusam, tidak sehat serta elastisitas kulit akan menurun.

Karena itu, tak heran banyak orang yang mendambakan kulit yang sehat dan cerah dengan melakukan berbagai perawatan kulit, salah satunya dengan menggunakan kolagen.

Nah, agar Anda mendapatkan berbagai manfaat kolagen seperti kulit kencang, lembab dan awet muda, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut secara rutin.

 brokoli

1. Mengonsumsi makanan tinggi kolagen

Untuk memenuhi produksi kolagen di dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan tinggi kolagen, seperti ayam, ikan, putih telur, jeruk, dan sayuran hijau seperti bayam atau brokoli. Tak hanya tinggi kolagen, makanan tersebut juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi agar tubuh dan kulit kita tetap sehat dan terhidrasi.

2. Mengonsumsi kolagen sintetis

Tubuh sebenarnya secara alami memproduksi kolagen. Meski begitu, Anda tetap bisa mengonsumsi kolagen sintetis dalam bentuk suplemen maupun suntikan untuk keperluan medis maupun kecantikan. Kolagen sintetis tersebut hadir dalam bentuk suplemen, yang biasanya sudah terhidrolisasi, dan hadir dalam bentuk tablet, kapsul, atau serbuk.

 BACA JUGA:Tutorial Perawatan 7 Hari Kulit Sehat dan Glowing, Anti Ribet Bestie

3. Mencegah kerusakan kolagen alami

Gaya hidup yang tidak sehat berpotensi menurunkan produksi kolagen, bahkan merusaknya. Nah, untuk mencegah kerusakan dan penurunan produksi kolagen Anda sebaiknya mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana.

Pasalnya, pola makan tinggi gula dapat meningkatkan glikasi, yakni proses ketika gula darah menempel pada protein untuk membentuk molekul baru yang disebut AGEs (advanced glycation end products). AGEs dapat merusak protein di sekitarnya dan membuat kolagen menjadi kering, rapuh, dan lemah.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan. Paparan sinar matahari dapat memecah kolagen dengan cepat sehingga merusak serat dan pembentukan elastin secara berlebih. Sinar matahari merusak kolagen pada lapisan dermis.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini