Share

Kesal Punya Jerawat, Coba 5 Tips Ini untuk Mengatasinya!

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Minggu 04 September 2022 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 611 2660604 kesal-punya-jerawat-coba-5-tips-ini-untuk-mengatasinya-iQHikbjxP4.jpg Mengatasi jerawat (Foto: Dermstores)

KULIT wajah yang sedang tumbuh jerawat membutuhkan cara tersendiri dalam merawatnya. Jerawat sendiri disebabkan berbagai faktor termasuk genetika, tingkat hormon yang berfluktuasi, hingga stres.

Tak hanya memakai serangkaian produk perawatan, Anda juga harus melakukan perubahan gaya hidup jika ingin menghilangkan jerawat secepatnya. Apa saja? Dihimpun dari Web MD.

 stres

1. Mengelola stres

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah mengurangi stres dalam hidup, kata dokter kulit Ivy Lee yang berbasis di California. Jumlah minyak atau sebum di kulit Anda secara langsung dipengaruhi oleh stres.

Semakin banyak stres (fisik dan emosional) yang Anda rasakan, semakin tinggi pula kadar kortisol dalam tubuh dan semakin aktif kelenjar sebaceous di kulit. "Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres dengan bersantai, menjadi lebih sadar, fokus pada kesehatan dan berolahraga, semuanya menurunkan kadar kortisol, menurunkan stres, dan mengurangi jerawat," kata Lee.

2. Jangan tidur larut malam

Apakah Anda tidur terlalu larut dan bangun terlalu pagi? Atau masalah tidur Anda yang kurang nyenyak? Jika iya, kondisi itu dapat memicu lonjakan kortisol, yang dapat menimbulkan risiko timbulnya banyak jerawat. Cara mengatasinya sederhana, tetapi tidak selalu mudah. Jadikan tidur sebagai prioritas untuk memberi tubuh Anda istirahat yang dibutuhkan dan kesempatan untuk menyembuhkan jerawat Anda. Dan tentu saja, Anda harus selalu menghapus semua riasan sebelum tidur.

 BACA JUGA:Tutorial Perawatan 7 Hari Kulit Sehat dan Glowing, Anti Ribet Bestie


3. Diet

Diet bukan hanya soal berat badan, tapi juga kesehatan kulit. Dokter Ivy Lee mengatakan, makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti karbohidrat olahan dan permen, dapat menyebabkan jerawat, berdasarkan beberapa penelitian. Sebaiknya, hindari makanan dengan kalori kosong dan perbanyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein yang sehat untuk memberi manfaat bagi kulit Anda dan seluruh tubuh Anda.

4. Perhatikan kebersihan ponsel

Anda mungkin sudah tahu bahwa sering menyentuh wajah dapat menyebabkan lebih banyak jerawat. Tapi, kapan terakhir kali Anda membersihkan ponsel atau casingnya? Bahkan jika Anda tidak telponan, jari-jari Anda mungkin menyentuh perangkat kotor itu sepanjang hari dan kemudian menyentuh wajah Anda.

Oleh karena itu, bersihkan ponsel Anda dengan kain mikrofiber yang sedikit lembab setiap hari. “Baik itu smartphone, telepon kantor, atau penutup kepala untuk smartphone, mereka dapat dijajah dengan bakteri dan mungkin tertutup minyak hanya dari tangan Anda menyentuhnya,” kata Lee.

5. Pakai tabir surya

Sangat disarankan untuk untuk tetap memakai tabir surya, bahkan ketika sedang jerawatan. Pasalnya, paparan sinar matahari berpotensi merusak kulit yang justru bisa memperparah jerawat Anda nantinya. Pilih SPF 30 atau lebih tinggi yang berspektrum luas, yang berarti mampu menghalangi sinar UVA dan UVB.

Tabir surya ini juga membantu melembabkan kulit agar tidak kering. Oleskan tabir surya setiap hari di pagi hari dan aplikasikan kembali sepanjang hari sesuai kebutuhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini