Share

Penderita Diabetes Boleh Makan Semangka Gak Sih?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 05 September 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 298 2661029 penderita-diabetes-boleh-makan-semangka-gak-sih-WE766VN0nt.jpg Ilustrasi Semangka. (Foto: Shutterstock)

PENDERITA diabetes memang wajib menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi agar kadar gula darah di dalam tubuhnya tetap stabil. Indeks glikemik (IG) adalah perhitungan seberapa cepat gula di dalam makanan memasuki aliran darah.

etiap makanan diberi nilai antara 1 dan 100. Nilai-nilai tersebut ditentukan sesuai dengan bagaimana setiap makanan dibandingkan satu sama lainnya. Melansir KlikDokter, beberapa orang menganggap, semangka bisa mengundang beragam efek negatif jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Nah, semangka memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik semangka adalah 72. Angka ini cukup tinggi, karena standar yang disarankan adalah di bawah 55. Namun, karena kandungan airnya yang tinggi, konsumsi buah semangka untuk diabetes dalam jumlah sedang masih diperbolehkan.

Semangka

Meksi indeks glikemiknya tinggi, konsumsi semangka untuk penderita diabetes masih diizinkan dengan syarat tertentu. Buah ini tetap boleh dikonsumsi asalkan pada porsi sedikit.

Lagi pula, konsumsi semangka belum secara ilmiah terbukti berhubungan dengan efek samping pada pengidap diabetes. Justru, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa semangka bisa membantu menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung dan stroke akibat diabetes.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Faktanya, semangka memiliki likopen dengan kadar sedang. Likopen adalah pigmen pemberi warna pada buah dan merupakan antioksidan yang kuat. Zat ini diduga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (pembuluh darah).

Penelitian menunjukkan, konsumsi likopen berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Menimbang manfaat tersebut, sajian 150 gram per hari semangka masih dapat dipertimbangkan untuk pengidap diabetes. Pastikan juga kamu mengonsumsi buah dan sayur dengan variasi beragam setiap harinya. Jadi, kebutuhan vitamin tubuh dapat terpenuhi.

Semangka menyimpan segudang manfaat. Kamu yang mengidap diabetes tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi buah ini. Selama dikonsumsi pada porsi sedikit atau tidak berlebihan, niscaya manfaatnya akan terasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini