Share

Penyuka Seafood Wajib Tahu, Makan Udang dengan Kulitnya Ampuh Turunkan Risiko Stroke

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 05 September 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 298 2661061 penyuka-seafood-wajib-tahu-makan-udang-dengan-kulitnya-ampuh-turunkan-risiko-stroke-5npeGFPTiV.jpg Udang. (Foto: Cookpad)

UDANG menjadi salah satu makanan yang digemari para pencinta seafood. Seafood pun bisa diolah menjadi beragam hidangan, mulai dari sekadar rebusan, tumisan, hingga balado. Tapi, bukan hanya daging udang loh yang bisa dikonsumsi, kulitnya pun ternyata bisa ikut dimakan. Konon, kulit udang juga bisa dikonsumsi dan memberikan manfaat kesehatan.

Salah satu manfaat kulit udang yang dimaksud, yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Lantas, apa tanggapan medis mengenai hal tersebut? Apakah fakta atau sekadar mitos belaka? Yuk, cari tahu!

Kulit udang ternyata memiliki berbagai nutrisi yang baik, seperti protein, kalsium, zat besi, zinc, vitamin B12, dan banyak lagi. Ditambah lagi, mengonsumsi kulit udang juga telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol darah.

Melansir KlikDoker, kulit udang sebagai penawar kolesterol pernah diteliti pada sebuah studi dalam jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology. Penelitian tersebut menyatakan bahwa kandungan chitosan dalam kulit udang dapat melawan risiko obesitas dan kolesterol tinggi.

Udang

Tim peneliti menguji efek chitosan pada berat badan, profil lipid plasma, dan komposisi asam lemak pada tikus. Hasilnya, senyawa tersebut dapat mengurangi risiko penambahan berat badan dan kolesterol pada tikus percobaan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu chitosan? Chitosan adalah senyawa turunan dari deasetilasi kitin yang banyak terkandung dalam cangkang hewan laut, seperti udang, lobster, dan kepiting. Kandungan chitosan yang dikonsumsi sebagai suplemen juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Artinya, risiko penyakit jantung dan stroke juga ikut berkurang.

Dari temuan tersebut, peneliti berpendapat bahwa kandungan chitosan pada kulit udang mungkin bisa menangkal kolesterol tinggi dan penyakit yang disebabkan oleh kondisi terkait. Selain chitosan, kulit udang juga kaya akan serat. Senyawa ini merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh, sehingga turut membantu menurunkan kadar kolesterol.

Melihat potensinya tersebut, bagaimana efektivitas mengonsumsi kulit udang untuk menurunkan kolesterol? Sejatinya, penelitian tersebut baru sebatas dilakukan pada hewan. Artinya, penelitian lebih lanjut pada manusia tetap dibutuhkan guna memastikan manfaat kulit udang dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kendati demikian, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi udang beserta kulitnya. Hal terpenting, perhatikan porsinya dan pastikan tidak berlebihan dalam mengonsumsi sajian tersebut.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyarankan untuk tidak mengonsumsi seafood lebih dari 12 ons atau 340 gram dalam sepekan. Jika abai, bukan tak mungkin Anda malah mengalami masalah kesehatan.

Pasalnya, udang dan seafood lain sejenisnya berpotensi mengandung zat-zat polutan, seperti arsenik. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, zat berbahaya itu dapat menumpuk di tubuh dan menimbulkan penyakit.

Selain memperhatikan hal tersebut, Anda pun tetap harus membatasi atau menghindari asupan mengandung lemak dan kolesterol, seperti gorengan, junk food, dan sejenisnya.

Anda juga perlu berolahraga secara rutin dan teratur agar kadar kolesterol di dalam tubuh tidak melonjak dan meningkatkan risiko penyakit. Manfaat kulit udang untuk menurunkan kolesterol masih belum dapat dipastikan. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi udang beserta kulitnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini