Share

Kenapa Penderita Kolesterol Tinggi Tak Boleh Makan Es Krim? Ini Loh Alasannya

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 05 September 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 298 2661165 kenapa-penderita-kolesterol-tinggi-tak-boleh-makan-es-krim-ini-loh-alasannya-M2mj3FmU2D.jpg Ilustrasi Es Krim. (Foto: Shutterstock)

MAKAN es krim, terutama di siang hari saat cuaca [anas memang menyegarkan. Es krim yang kaya rasa pun akan semakin menarik ketika kita tengah bersantai bersama teman atau keluarga.

Tapi, di balik kenikmatan es krim tersebut, es krim ternyata menyimpan bahaya loh untuk para penderitakolesterol. Tidak heran, para penderita kolesterol akhirnya diminta untuk dihindari adalah es krim. Tahu mengapa? Ya, hal itu karena es krim ternyata mengandung kolesterol tinggi.

Fakta menyebutkan, satu cangkir es krim memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang lebih tinggi daripada donat. Jadi, bila sajian dingin ini kamu konsumsi, apalagi dalam jumlah berlebih, bukan tak mungkin akan melonjakkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Es kRim

Bahaya Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah zat yang secara normal ada di dalam tubuh manusia. Zat ini memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya membentuk membran sel, mengatur hormon, dan memproduksi vitamin D. Namun bila kadarnya berlebihan, kolesterol justru akan mendatangkan segudang dampak buruk.

Melansir KlikDokter, penelitian menyebutkan bahwa jumlah kolesterol jahat (low-density lipoprotein/ LDL) yang tinggi dan kolesterol baik (high-density lipoprotein/ HDL) yang rendah dapat menyebabkan terbentuknya plak aterosklerosis pada pembuluh darah. Plak ini berperan pada terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.

Risiko Kolesterol Akibat Makan Es Krim

Es krim memang terasa lezat, namun merupakan produk yang mengandung tinggi lemak sehingga dapat memengaruhi kadar kolesterolmu. Terlebih apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Pola makan yang dianjurkan untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung, adalah dengan membatasi lemak jenuh, lemak trans, dan gula.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi lemak jenuh hingga 16 gram, lemak trans 2 gram, dan gula hingga 5–10% dari total kebutuhan 2.000 kalori dalam sehari. Nah, satu cangkir es krim mengandung 15,36 gram lemak jenuh, 17 gram gula, dan 66 kalori. Jadi, mengonsumsi satu cangkir es krim hampir memenuhi batas toleransi tubuh terhadap zat-zat tersebut, seperti rekomendasi AHA di atas.

Maka dari itu, jika ingin mengonsumsi es krim tanpa takut kolesterol tinggi, kamu harus rela untuk membatasi asupan zat gizi serupa (lemak jenuh, gula, dan kalori) dari makanan lainya.

Misalnya, kamu makan satu cangkir es krim cokelat per hari, maka kamu harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi daging merah, susu, yoghurt, keju, dan makanan berlemak lain di hari tersebut. Di samping itu, kamu juga wajib membatasi asupan gula dan kalori, karena keduanya turut berkontribusi pada kejadian kolesterol tinggi.

Intinya, es krim memang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun, bila dapat menyiasati dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan, kamu tak perlu khawatir akan kejadian kolesterol tinggi di kemudian hari. Lalu, jika kamu ingin lebih terhindar dari risiko kolesterol tinggi, konsumsilah es krim rendah lemak dan tetap perhatikan porsinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini