Share

4 Bumbu Dapur Paling Cocok untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Senin 05 September 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 298 2661402 4-bumbu-dapur-paling-cocok-untuk-atasi-kolesterol-tinggi-pk604aTxo6.jpg

KASUS kolesterol tinggi memang menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat Indonesia. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan hipertensi karena gangguan kesehatan ini bisa memengarui kondisi pembuluh darah dan kinerja jantung.

Bahkan, tercatat pada saat pelaksanaan ibadah haji kemarin hipertensi menjadi masalah yang paling banyak terjadi. Gaya hidup tidak sehat serta kurangnya berolahraga pun menjadi penyebab utama kolesterol tinggi.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

"Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi," terangnya.

Kolesterol Tinggi

Tapi, kolesterol tidak hanya bisa diatasi dengan ke dokter loh. Ada beberapa bumbu masakan yang ternyata bisa mengatasi kadar kolesterol tinggi, seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda, serta bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Peterseli

Peterseli ( Petroselinum crispum ) merupakan ramuan yang cujup populer dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Daun ini asli asal Mediterania, serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup kuat.

Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa antioksidan karotenoid menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Jahe

Selain bisa menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, melegakan pernapasan, jahe juga berfungsi untuk turunkan kadar kolesterol tinggi. Sekitar 3 gram bubuk jahe, bisa menurunkan kolesterol secara berkala.

Selain diolah menjadi hidangan minuman, jahe juga sering digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Tapi untuk bumbu masakan lebih baik gunakan jahe utuh dan bukan bubuk jahe yang biasa digunakan untuk hidangan minuman.

Ketumbar

Bumbu dapur yang bisa bantu turunkan kolesterol selanjutnya, yaitu ketumbar. Dalam biji ketumbar terdapat senyawa asam, dan antioksidan yang sangat efektif untuk meluruhkan kolesterol jahat yang bersemayam dalam tubuh.

Cara mengolah ketumbar untuk mencegah kolesterol yaitu bisa dicampurkan langsung sebagai bumbu masak. Selain itu kamu juga bisa menggunakan seduhan bubuk ketumbar dan meminumnya langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini