Share

Selain Nasi, Ini 5 Makanan Berkarbohidrat untuk Sumber Energi

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Senin 05 September 2022 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 298 2661406 selain-nasi-ini-5-makanan-berkarbohidrat-untuk-sumber-energi-E7eZKjTuZk.jpg Ilustrasi Nasi. (Foto: Freepik)

KARBOHIDRAT tidak boleh dihilangkan dari konsumsi kita sehari-hari. Pasalnya, karbohidrat memiliki peranan penting dalam menyuplai glukosa untuk diubah menjadi energi melalui sistem metabolisme tubuh.

Sumber karbohidrat bisa Anda dapatkan dengan mudah dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Meski begitu, Anda tetap berhati-hati dalam memilih sumber karbohidrat dan jumlah yang tepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut sumber karbohidrat yang dapat Anda temukan pada berbagai makanan, dikutip dari berbagai sumber.

Nasi

Nasi menjadi sumber karbohidrat yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama yang berasal dari beras.

Beras termasuk dalam jenis biji-bijian yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, yakni sekitar 28 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram beras.

Sumber karbohidrat

Singkong

Singkong atau yang dikenal sebagai ketela pohon merupakan jenis umbi-umbian yang terkenal tinggi karbohidrat. Dalam setiap 100 gr singkong mengandung sekitar 38 gram karbohidrat, sehingga tak heran jika makan singkong cukup mengenyangkan.

Ubi Jalar

Ubi jalar tak hanya terkenal memiliki rasa manis dan mengenyangkan, namun juga bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat untuk tubuh dan mengandung zat gizi penting untuk tubuh.

Ubi Jalar termasuk ubi madu dan ubi ungu terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal paparan radikal bebas dan beta karoten untuk mencegah penyakit mata. Setiap 100 gram ubi jalar setidaknya mengandung 20 gram karbohidrat.

Jagung

Jagung juga merupakan salah satu sumber karbohidrat tinggi yang terkenal memiliki rasa yang manis dan mudah diolah. Tak hanya dikonsumsi sebagai menu utama, jagung juga kerap digemari sebagai cemilan. Dalam setiap 100 gr penyajian Jagung, setidaknya terdapat kandungan 21 gr karbohidrat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kentang

Kentang juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Dalam setiap 100 gram kentang, terdapat sekitar 17 gram kandungan karbohidrat.

Tidak hanya itu, kentang juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, dan pati resisten (pati yang tidak mudah dicerna) yang bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Gandum

Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang juga mengandung beberapa vitamin dan mineral. Makanan yang tergolong biji-bijian ini juga terkenal tinggi serat, sehingga membantu Anda lebih kenyang dalam waktu lama.

Gandum mengandung sekitar 37 – 41 gram karbohidrat pada setiap 100 gram penyajian. Anda bisa menemukan kandungan gandum dalam berbagai makanan seperti roti gandum hingga pasta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini