Share

Yuk Cek Jenis Kulit Anda dalam 30 Menit, Cuma Modal Handuk Kok

Adinda Fahrani, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 611 2662081 yuk-cek-jenis-kulit-anda-dalam-30-menit-cuma-modal-handuk-kok-BCx6xW0EKf.jpg Ilustrasi Kulit Wajah. (Foto: Shutterstock)

PERAWATAN kulit memang berbeda-beda tergantung jenis kulitnya. Pasalnya, ketika perawatan kulit tidak tepat dilakukan, bukan tidak mungkin malah membuat kulit menjadi rusak.

Lantas, bagaimana cara mengetahui jenis kulit seseorang? Dokter kulit dr Aamna Adel yang juga ahli perawatan kulit di London, membagikan tips di halaman TikToknya. Ia mengungkapkan dalam beberapa langkah cepat bagaimana caranya mengatasi jenis kulit Anda dengan tepat dan mudah di rumah.

Menurutnya, proses ini dilakukan dengan cara mencuci muka secara menyeluruh, lalu mencoba menepuknya dengan handuk. Kemudian, tunggulah selama 30 menit hingga satu jam untuk melihat bagaimana reaksi kulit wajah Anda. Hal ini dilakukan tanpa menggunakan produk apapun ke wajah selama waktu yang ditentukan.

Meskipun tips ini tampak sederhana, dr Adel menegaskan bahwa dengan hal ini Anda akan mengetahui apa sebenarnya jenis kulit Anda dan menginformasikan jenis produk apa yang harus Anda beli.

Setelah menunggu selama 30 hingga 1 jam, Anda harus memeriksa kulit wajah Anda untuk melihat reaksi apa yang ditimbulkannya terhadap pembersihan tersebut.

Kulit Wajah

Kulit Kering

Jika kulit Anda 'terasa kencang' atau terasa seperti diregangkan saat Anda berekspresi, maka berarti Anda memiliki kulit yang kering. Tanda-tanda kulit kering lainnya adalah kekeringan di seluruh tubuh dan menunjukkan tanda-tanda pengelupasan.

Mereka yang diketahui memiliki kulit kering harus memfokuskan rutinitas perawatan kulit mereka pada produk yang mengutamakan hidrasi dan melindungi kulit.

Kulit Kombinasi

Jika Anda melihat sifat berminyak di T-zone Anda, di dahi dan di bawah hidung Anda setelah langkah pembersihan, ini kemungkinan berarti Anda memiliki kulit kombinasi.

Pada dasarnya, kulit kombinasi berarti memiliki bercak minyak di beberapa area dan biasanya berada di sekitar T-zone, sementara bagian lain pada wajah Anda tetap kering. Artinya Anda harus menggunakan produk yang akan memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Terkadang, mereka yang memiliki kulit kombinasi perlu menggunakan produk yang berbeda pada area wajah yang berbeda, untuk memastikan bahwa seluruh wajah mereka dirawat dengan benar.

Kulit Berminyak

Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda berminyak di seluruh wajah, maka kemungkinan Anda memiliki kulit berminyak. dr Adel menggunakan bronzer untuk menunjukkan area yang harus Anda periksa, termasuk T-Zone dan pipi.

Sifat berminyak ini dapat meluas sampai ke garis rahang dan berarti Anda perlu menggunakan produk yang ditujukan untuk kulit berminyak, meskipun ini tidak berarti mengurangi pelembab dan produk pelembab lainnya, karena ini hanya akan menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Menurut ahli bedah plastik bersertifikat Joseph Cruise, penting bagi mereka yang memiliki kulit berminyak untuk memastikan bahwa mereka melembabkan setiap hari. "Untuk kesehatan kulit yang baik secara keseluruhan untuk wajah Anda, penting untuk membersihkan, mengelupas, melembabkan, dan menggunakan tabir surya setiap hari," katanya seperti dilansir dari DailyMail.

"Dengan tidak mengoleskan pelembab yang cukup, dapat menyebabkan kulit Anda terkompensasi secara berlebihan dan menghasilkan lebih banyak minyak," tambahnya.

Kulit Normal

Terakhir, jika Anda cukup beruntung memiliki kulit normal, dr Adel mengatakan bahwa Anda tidak akan mengalami reaksi yang merugikan atau terlihat setelah pembersihan. Wajah Anda akan terasa benar-benar normal, tanpa bercak berminyak atau kering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini