Share

Putri Candrawathi Diduga Melakukan Malingering, Tindakan Apa Itu?

Vivin Lizetha, Okezone · Selasa 06 September 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 612 2661858 putri-candrawathi-diduga-melakukan-malingering-tindakan-apa-itu-93xF28oN0E.jpg Putri Candrawati diduga melakukan Malingering (foto: istimewa)

Proses hukum tersangka kasus pembunuhan Brigadir J masih terus bergulir. Rekonstruksi telah dilakukan, tersangka pun semakin bertambah setiap pengembangan kasus dilakukan.

Namun yang unik dari kasus ini adalah tersangka Putri Candrawathi yang sampai saat ini belum ditahan oleh pihak kepolisian. Ada banyak alasan Putri belum ditahan. Mulai dari alasan kesehatan mental hingga masalah anak.

 putri candrawati

Dalam sebuah kesempatan, pakar psikologi forensik, Riza Indragiri memiliki kecurigaan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi melakukan malingering atau berpura-pura sakit secara fisik ataupun mental. Malingering tidak termasuk penyakit mental. Namun ada beberapa orang yang memiliki penyakit mental disertai dengan malingering.

Dikutip dari Healthline, Selasa (6/9/2022), malingering itu mengacu pada menghasilkan gejala medis palsu atau melebih-lebihkan gejala yang ada dengan harapan mendapat imbalan dalam beberapa cara.

Bahkan tak jarang orang berbuat lebih "ekstrem" agar tindakan malingeringnya dipercaya. Misalnya sengaja merias mata tampak cekung agar terlihat sakit atau menempatkan termometer pada lampu ahar suhunya naik.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Malingering bukanlah gangguan kejiwaan. Ini juga sangat berbeda dengan kondisi kesehatan mental seperti gangguan gejala somatik, yang membuat orang khawatir bahwa mereka memiliki kondisi medis meskipun sebenarnya tidak.

  psikolog

Malingering tidak memiliki gejala khusus. Sebaliknya, biasanya dicurigai ketika seseorang tiba-tiba mulai mengalami gejala fisik atau psikologis saat:

1. Terlibat dengan tindakan hukum perdata atau pidana 

2. Menghadapi kemungkinan tugas tempur militer

3. Tidak bekerja sama dengan pemeriksaan atau rekomendasi dokter 

4. Menggambarkan gejala jauh lebih intens daripada apa yang diungkapkan oleh pemeriksaan dokter.

Malingering tidak disebabkan oleh faktor fisik apa pun. Sebaliknya, itu adalah hasil dari keinginan seseorang untuk mendapatkan hadiah atau menghindari sesuatu. Konon, berpura-pura sering disertai dengan gangguan mood dan kepribadian yang nyata, seperti gangguan kepribadian antisosial atau gangguan depresi berat.

(vvn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini