Share

5 Buah Penurun Darah Tinggi, Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 09 September 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 298 2663380 5-buah-penurun-darah-tinggi-aman-dikonsumsi-setiap-hari-3n3FhVdTYO.jpeg Buah penurun darah tinggi (Foto: Timesofindia)

PEJUANG darah tinggi bukan hanya perlu membatasi asupan garam dan lemak, tapi mesti cerdas memilih makanan sehat agar kadar darah tinggi tidak melonjak. Nah, 5 buah penurun darah tinggi dengan cepat ini bisa jadi menu favorit Anda sekarang.

Ya, mengonsumsi buah setiap hari memang saran yang selalu dianjurkan oleh ahli kesehatan. Tapi, ada buah khusus yang memang punya fungsi menurunkan darah tinggi.

Serat, antioksidan, dan kandungan mineral tertentu dalam buah memainkan peran penting dalam mencegah atau mengelola penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi.

So, apa saja 5 buah penurun darah tinggi dengn cepat tersebut?

1. Buah citrus

Jeruk

Buah citrus, salah satunya jeruk, kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Buah ini juga kaya akan serat dan potasium, serta rendah sodium.

"Semua kualitas tersebut membuat buah citrus sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi," papar dr Shaziya Allarakha, MD, seorang praktisi kesehatan, dikutip dari Medicine Net.

BACA JUGA : Kenali 5 Gejala Darah Tinggi yang Sering Diabaikan

2. Beri

Semua beri, termasuk blueberry, kaya akan senyawa antioksidan dan polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

BACA JUGA : 10 Tips Tetap Sehat dan Terhindar dari Hipertensi

3. Pisang

Makanan ini kaya akan nutrisi seperti potasium, serat, magnesium, dan antioksidan. Semua itu membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Delima

Buah Delima

Menurut dr Allarakha, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah.

"Buah ini juga meningkatkan aliran darah yang sehat, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung," papar dr Allarakha.

5. Melon

Melon menyediakan sejumlah besar vitamin C, potasium, folat, dan serat yang membantu mengelola tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Setelah tahu 6 buah penurun darah tinggi dengan cepat, menjadi pertanyaan berapa banyak buah yang harus dimakan per harinya?

Menurut American Heart Association, seseorang harus mengonsumsi sekitar 4 hingga 5 porsi buah sehari. Satu porsi itu bisa berupa:

1. Satu buah utuh ukuran sedang, dalam hal ini hitungannya berlaku untuk persik, apel, atau jeruk.

2. Satu porsi buah juga meliputi setengah cangkir buah segar, beku, atau buah kaleng yang dipotong dadu.

3. Satu porsi buah juga sama dengan seperempat cangkir buah kering.

4. Seperempat cangkir jus buah pun sudah dihitung satu porsi buah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini