Share

5 Tips Rangkaian Skincare untuk Remaja, Yuk Rawat Kulit Sejak Dini

Adinda Fahrani, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 611 2663281 5-tips-rangkaian-skincare-untuk-remaja-yuk-rawat-kulit-sejak-dini-bOVvtxuhkD.jpg Ilustrasi Skincare. (Foto: Shutterstock)

MASA remaja memang menjadi fase dimana seseorang akan mengalami perubahan hormon atau hal ini disebut masa puber. Tahap ini akan terjadi pada usia 12-16 tahun.

Dalam masa pubertas seseorang akan merasakan perubahan dalam tubuh mereka, salah satunya perubahan secara fisik, misalnya kulit wajah yang mulai muncul jerawat, bintik-bintik hitam, wajah berminyak, komedo serta kulit yang kusam.

Banyak cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut yaitu dengan melakukan rangkaian skincare secara rutin dan gunakanlah produk yang sesuai dengan umurnya.

Berikut beberapa tips yang wajib dilakukan oleh remaja untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar, melansir dari postingan Instagram @tipsskincarepemula, yuk intip 5 rangkaian skincare untuk remaja di bawah ini.

Skincare

Gunakan Micellar Water

Nah pada tahap awal ini usahakan selalu membersihkan muka menggunakan micellar water terlebih dahulu, apalagi saat melakukan aktivitas seharian diluar rumah wajah akan sangat kotor. Sabun muka saja tidak cukup untuk membersihkan dan mengangkat semua kotoran sisa debu dan make up di wajah.

Sabun Wajah

Tahap selanjutnya yang benar adalah mencuci muka menggunakan facial foam atau sabun pencuci wajah. Fungsinya untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati, sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan mengakibatkan wajah menjadi kusam.

Toner

Toner sangat penting untuk membantu menyeimbangkan pH kulit dan dapat menyegarkan kulit wajah yang kering setelah mencuci muka. Pemakaian toner dinilai lebih efektif agar skincare dapat menyerap sempurna kedalam kulit. Tahap ini sering dilewatkan padahal berguna untuk kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sunscreen

Penggunaan sunscreen di pagi hari juga sangat wajib, paling tidak 15 menit sebelum keluar rumah. Selain untuk melembabkan, sunscreen dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama mengenai wajah akan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini dan dapat merusak kulit wajah.

Body Lotion

Body lotion berguna untuk melembab kulit dan memberikan perlindungan agar tetap cerah terawat serta tidak kusam. Mengaplikasikan body lotion setiap hari akan meningkatkan kadar air di kulit.

Kadar air ini bekerja melembabkan kulit sehingga mencegah kulit menjadi pecah dan gatal. Nah itulah beberapa tips yang wajib dilakukan oleh remaja untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini