Share

5 Bahan Alami yang "Katanya" Bagus untuk Kulit, Ternyata Berbahaya!

Vivin Lizetha, Okezone · Kamis 08 September 2022 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 611 2663792 5-bahan-alami-yang-katanya-bagus-untuk-kulit-ternyata-berbahaya-bm1ropdCOj.jpg Ilustrasi bahan alami untuk kulit (foto: istimewa)

KONON katanya sesuatu yang murni dari alam akan lebih bagus daripada bahan kimia. Pernyataan itu bisa dikatakan benar. Namun tidak selamanya hal tersebut dapat berlaku.

Seperti beberapa bahan alami yang dulu katanya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ternyata jika salah dalam pemakaian, efek sampingnya cukup mengerikan. Bahkan dapat merusak kulit dari waktu ke waktu. Tak hanya untuk kulit, tapi juga berbahaya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dikutip dari Healthline, Kamis (8/9/2022), berikut beberapa bahan alami yang ternyata berbahaya untuk kulit dan kesehatan Anda.

 putih telur

1. Putih telur

Putih telur terkenal dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit. Setelah beberapa kali pemakaian, mungkin Anda akan merasakan manfaatnya. Namun ada celah di mana telur mentah tersebut mengandung bakteri Salmonella. Area wajah dekat dengan mulut sehingga dapat berisiko tertular infeksi saluran pencernaan.

2. Air perasan lemon

Bahan ini dinilai dapat menghilangkan noda di wajah, mulai dari bekas jerawat ataupun noda hitam lainnya. Namun jika menggunakan secara berlebihan, dapat menyebabkan luka bakar tingkat dua pada kulit. Bahkan luka bakar yang terpapar matahari bisa membuat kulit melepuh.

3. Kayu Manis

Masker kayu manis mulai terkenal sejak seorang blogger kecantikan, yang dikenal dengan EnjoyPhoenix, memuji kekuatan pemurnian kayu manis. Namun ternyata hanya orang tertentu yang bisa cocok dengan masker kayu manis. Tak sedikit yang terkena dampak serius karena pemakaian masker ini. Wajah mereka kesemutan hingga kemerahan akibat reaksi alergi.

4. ASI

Beberapa spa ngetrend menggunakan facial ASI untuk pengobatan jerawat. ASI mengandung asam laktat dan laurat, keduanya memiliki manfaat penyembuhan kulit dan antimikroba yang beberapa penelitian menunjukkan telah membantu kulit berjerawat. Namun, ASI adalah cairan tubuh manusia yang entah bakteri atau virus apa yang terkandung di dalamnya. Salah-salah bisa terkena HIV lho!

5. Cuka apel 

Bahan alami ini diklaim dapat membantu membersihkan jerawat, memudarkan bekas luka atau bintik-bintik penuaan, dan bahkan menghilangkan tahi lalat. Namun ia memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Baunya cukup menyengat, apalagi jika terkena kulit. Akan ada sensasi terbakar. Penggunaan jangka panjang juga dapat merusak wajah cantik Anda karena kadar asamnya yang tinggi.

(vvn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini