Share

3 Gaya Ratu Elizabeth II yang Akan Selalu Dikenang Sepanjang Masa

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 09 September 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 194 2664120 3-gaya-ratu-elizabeth-yang-akan-selalu-dikenang-sepanjang-masa-grPlhh4NXs.jpg Ratu Elizabeth II (Foto : BBC)

RATU Elizabeth II adalah orang yang paling banyak difoto sepanjang sejarah dan selama 70 tahun terakhir, dia mendefinisikan bagaimana semestinya seorang ratu berpakaian.

BBC bahkan mendefinisikan apa yang dikenakan Ratu Elizabeth II sebagai tampilan ikonik, bukan sekadar trendsetter ataupun bold semata. Ini menandakan bahwa Ratu Elizabeth II punya power yang sangat besar dalam dunia mode.

Ratu Elizabeth II punya semacam karakter dalam berpenampilan, misalnya saja gaun dan mantel berwarna cerah yang dipasangkan dengan topi warna serasi dengan pakaiannya. Lalu, ada tas tangan persegi yang super ikonik.

Ratu Elizabeth II

Tidak hanya itu, Ratu juga biasanya tampil dengan untaian mutiara putih yang sangat indah, pun bros permata yang jadi sorotan. Gaya Ratu Elizabeth II memang terkesan simple, tapi itu formula terkuat dalam berpakaian layaknya seorang ratu.

"Fashion yang dihadirkan di kerajaan Inggris sangatlah menyenangkan untuk dilihat, punya nilai yang kuat, dan sarat akan makna," kata komentator mode kerajaan, Elizabeth Holmes, dikutip dari BBC, Jumat (9/9/2022).

"Citra diri Ratu Elizabeth akan menjadi warisan bernilai sangat tinggi," tambah Holmes.

So, berikut ini 3 gaya unik Ratu Elizabeth yang pastinya akan selalu dikenang sepanjang masa.

1. Tampilan rumit namun memesona

Ratu Elizabeth II

"Ratu selalu punya gagasan yang sangat jelas tentang seperti apa penampilannya," terang Sejarawan, Michael Pick.

"Banyak orang menilai apa yang dikenakan Ratu Elizabeth II adalah sesuatu yang tidak mendasar dari pandangan mode. Itu sama sekali tidak benar. Dia sangat cerdik tentang apa yang cocok untuknya," tambah Pick.

Ketika berusia 20-an, Ratu Elizabeth II mulai bekerja sama dengan desainer Norman Hartnell. Gaun full-skirted dengan nipped di pinggang dipengaruhi kuat oleh couture Paris, dipasangkan dengan stola bulu putih dan tiara berlian.

Gaya seperti ini bisa Anda lihat di banyak momen istimewa Ratu Elizabeth II, misalnya acara makan malam penting dan tur kerajaan. Di beberapa kesempatan, Hartnell bahkan membuat dress Ratu dengan sentuhan tulle dan satin yang dipadukan dengan aksesori mutiara, kristal, dan manik-manik.

Hartnell bertanggung jawab pada gaun pernikahan dan momen penobatan Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin kerajaan Inggris. Semua yang diciptakan sangat dramatic namun memesona.

Bagi Ratu, bekerja dengan orang yang sama bukan hanya tentang kepercayaan, tapi juga karena kebutuhan. Hartnell memiliki rumah couture terbesar di London, bahkan ruang bordirnya diklaim sebagai ruangan terbesar di Inggris, dengan begitu dia dianggap selalu mampu menciptakan busana terbaik untuk Ratu Elizabeth II.

BACA JUGA : 12 Gaya Ikonik Ratu Elizabeth II Sepanjang Masa

Tak hanya Hartnell, Ratu juga pernah bekerja dengan Hardy Amies, dimulai dengan pakaian Ratu untuk tur ke Kanada. Amies memberi sentuhan berbeda di tampilan Ratu yaitu kesan bold namun tetap membumi.

BACA JUGA : 10 Potret Kenangan Manis Ratu Elizabeth II Bersama Pangeran Phillip, Couple Goals Banget!

Bahkan, desainer Ian Thomas pun pernah kedapatan jatah kerjaan dari Ratu Elizabeth II di 1970-an dan 1980-an untuk menciptakan gaun sifon berwarna cerah, motif bunga, dan pita yang sangat cantik.

Namun, selama 24 tahun terakhir Ratu Elizabeth II memilih mengenakan pakaian yang dibuat oleh desainer kerajaan yaitu Angela Kelly. Tim Kelly diketahui hanya berjumlah 10 orang.

"Hartnell dan Amies membuat Ratu tampak sangat berkarakter, sementara Angela Kelly sangat pintar, mengambil sisi individual Ratu namun menambahkan aksen lain sehingga gayanya lebih berkilau," kata Pick.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Topi, tas, dan sepatu Ratu Elizabeth II yang sangat ikonik

Ratu Elizabeth II

Saat dirinya keluar kerajaan dan bertemu dengan masyarakat, dia selalu tampil stunning. Aksesori yang dikenakan selalu mencuri perhatian, termasuk topi, tas, dan sepatunya.

Topi Ratu Elizabeth selalu menyeimbangkan gaya pakaiannya. Begitu juga dengan tas dan sepatu yang selalu dipadupadankan dengan sangat elok.

Ratu Elizabeth senang memakai sepatu hak blok buatan tangan tim Angela Kelly. Bahkan, Kelly harus memakai terlebih dulu untuk menentukan kenyamanan sepatu tersebut.

Gaya serasi yang diperlihatkan Ratu Elizabeth II ternyata punya makna khusus. Menurut Holmes, Ratu adalah simbol penenang, sehingga dia harus tampil sebagai seseorang yang tenang namun konsisten.

"Pakaian Ratu Elizabeth II adalah campuran dari harapan dengan kesenangan," kata Holmes.

Tak hanya aksesori, rambut Ratu pun selalu ditata dengan apik, pun sarat akan makna. Menurut penata rambut kerajaan Richard Ward, rambut Ratu Elizabeth II cukup konvensional, tapi terlihat kuat.

"Hal itu karena adanya permainan aksen ikal namun lembut. Rambut gaya ini bukan hanya menampilkan sisi tahta Ratu, tapi juga ada jiwa elegan, praktik, namun juga bersahaja" kata Ward.

Nah, kalau kita bicara soal tas, Ratu Elizabeth II ketagihan dengan tas tangan rancangan Launer. Ratu diketahui sama sekali tidak melirik Hermes Birkin atau Chanel 2.55 yang kini sangat populer di kalangan sosialita kelas atas.

"Tas tangan Launer tidak modis memang, tapi diinginkan oleh wanita muda," kata Charlotte Rogers, pakar aksesori mewah.

Saking cintanya Ratu Elizabeth II dengan tas Launer, dia bahkan dinobatkan sebagai 'influencer' tas Launer terbesar di dunia. Tas Ratu berkisar di harga Rp25,7 juta hingga 34,3 juta, dan Ratu Elizabeth II punya 200 koleksi tas Launer dengan aneka warna dan gaya.

3. Influencer bagi kerajaan Inggris

Ratu Elizabeth II

"Lemari pakaian Ratu Elizabeth II adalah komunikasinya," kata Matthew Storey, kurator di Historic Royal Palaces. Ratu selalu siap dengan tampilan khas royal-nya, dan ini menginspirasi banyak anggota kerajaan Inggris.

"Apa yang dipakai Ratu selalu dipesan terlebih dahulu, sehingga Anda tidak akan dapat membelinya. Ini yang membedakan dia dengan yang lain dan itu sangat dikagumi," tambah Storey.

Anda harus tahu bahwa Camilla, Duchess of Cornwall, Catherine, Duchess of Cambridge, sangat ter-influence gayanya dari Ratu Elizabeth II. "Tapi, Ratu Elizabeth II ada di atas mereka jauh," tambah Storey.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini