Share

3 Bumbu Masak Ini Sudah Terbukti Ampuh Tekan Darah Tinggi

Novie Fauziah, Okezone · Jum'at 09 September 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 298 2664032 3-bumbu-masak-ini-sudah-terbukti-ampuh-tekan-darah-tinggi-r6b5YGQDva.jpg Ilustrasi Bumbu Masak. (Foto: Shutterstock)

GAYA hidup tidak sehat memang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah darah tinggi atau kerap disebut dengan hipertensi. Ketika seseorang mengalami darah tinggi, maka berbagai penyakit pun mengintai, seperti stroke dan penyakit jantung.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

"Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi," terangnya.

Tak heran bagi penyandang hipertensi terdapat beberapa pantangan, khususnya ketika memilih makanan. Namun ada beberapa herbal yang baik untuk Anda yang memiliki darah tinggi. Seperti dilansir dari laman Health Line.

Masak

Basil

Basil ( Ocimum basilicum ) adalah jenis daun ramuan beraroma khas, yang tersedia dalam berbagai bentuk. Daun ini populer sebagai pengobatan alternatif, karena memiliki senyawa kuat.

Basil manis mengandung eugenol tinggi. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati ini dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Peterseli

Peterseli ( Petroselinum crispum ) merupakan ramuan yang cujup populer dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Daun ini asli asal Mediterania, serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup kuat.

Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa antioksidan karotenoid menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), faktor risiko penyakit jantung.

Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini