Share

Viral Obat Merah untuk Atasi Jerawat, Apakah Aman?

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Jum'at 09 September 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 611 2663870 viral-obat-merah-untuk-atasi-jerawat-apakah-aman-DS6snWlgSY.jpg Masalah kulit jerawat (Foto: Timesofindia)

BARU-baru ini tren menggunakan produk obat merah sebagai perawatan kulit wajah viral di media sosial TikTok. Ya, produk obat merah yang identik untuk mengobati luka di bagian tubuh ini justru dijadikan cleanser untuk bagian wajah.

Bukan seperti produk skincare pada umumnya, produk obat merah yang diklaim bisa mengatasi masalah jerawat itu merupakan produk cleanser yang disebut-sebut mengandung bahan aktif povidone iodine.

Jerawat

Lantas, apa itu povidone iodine? Seberapa aman untuk kulit wajah? Dan seberapa efektif dibandingkan dengan kandungan dalam produk skincare khusus jerawat lainnya? Berikut ulasannya, dikutip dari laman Hellosehat, Jumat, (9/9/2022).

Povidone iodine atau iodin povidon merupakan zat campuran dari polimer polyvinylpyrrolidone dan iodine (yodium).

Iodine yang dihasilkan dari campuran ini akan membunuh bakteri dengan cepat sehingga dapat mengatasi area yang terkena infeksi bakteri dengan baik.

Sementara itu, polimer dapat berperan sebagai media yang menyalurkan iodine untuk jangka waktu yang cukup lama.

Fungsi dari povidone iodine ialah membunuh bakteri yang dapat menyebakan infeksi pada kulit, salah satunya infeksi bakteri jerawat pada kulit wajah.

Povidone iodine yang terdapat didalam produk obat merah biasanya tergolong aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Namun, yang paling penting dalam proses penyembuhan luka adalah memberikan kesempatan pada kulit untuk meregenerasi luka dan melakukan penyembuhan luka itu sendiri. Terlebih, biasanya luka pada jerawat tidak terlalu besar.

BACA JUGA : Kesal Punya Jerawat, Coba 5 Tips Ini untuk Mengatasinya!

Cara penggunaan

Untuk mendapatkan manfaat povidone iodine dalam produk obat merah secara maksimal, sebaiknya gunakan sesuai dengan aturan penggunaan yang tertera pada kemasan produk.

Kandungan antiseptik povidone iodine digunakan untuk masalah kulit saja, termasuk kulit wajah. Sebelum menggunakannya, bersihkan area kulit yang akan dibaluri dengan obat ini. Lalu, oleskan atau balurkan obat ini secara menyeluruh.

Warna kecokelatan yang terdapat pada produk obat merah ini menunjukkan adanya iodine di dalam campuran obatnya. Namun, jika warna cokelatnya sudah memudar, artinya keampuhannya telah menurun.

Iodin povidon sebaiknya digunakan setiap 4–6 jam sekali untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah, Anda hanya perlu mengoleskan produk obat merah dengan kandungan iodin povidon 4% pada area yang bermasalah. Diamkan obat selama 3–5 menit sebelum dibersihkan dengan air.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Efek samping

Sama halnya dengan penggunaan produk skincare lain dengan beragam kandungannya, penggunaan produk obat merah yang mengandung povidone iodine dengan kadar yang berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping.

Meski begitu, banyak juga orang yang tidak mengalaminya sama sekali, atau merasakan efek samping yang cukup ringan. Berikut merupakan efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan produk yang mengandung povidone iodine dengan kadar tinggi :

- Reaksi hipersensitivitas ditandai dengan kulit kemerahan, gatal, atau bentol-bentol.

- Reaksi alergi yang cukup serius, termasuk napas terengah-engah, kepala pusing, dan penurunan tekanan darah yang cukup serius.

- Hipertiroidisime atau hipotiroidisme.

- Mudah berkeringat, tidak bisa diam, hingga jantung berdetak amat cepat.

- Angiodema atau reaksi alergi yang cukup serius hingga membuat wajah dan tenggorokan membengkak.

- Kulit kering dan meradang, biasanya kulit menjadi merah dan terkelupas.

- Kulit menjadi terbakar karena reaksi kimia di dalam tubuh.

Namun, perlu kembali diingat, tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter kulit agar mengetahui lebih jauh dalam penggunaan produk yang mengandung povidone iodine

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini