Share

5 Penyebab Bau Mulut Tak Sedap, Gak Selalu karena Malas Gosok Gigi!

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Minggu 11 September 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 611 2664381 5-penyebab-bau-mulut-tak-sedap-gak-selalu-karena-malas-gosok-gigi-bdZrggB9MT.jpg Bau mulut (Foto: Timesofindia)

BAU mulut bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Bahkan, bau mulut bisa membuat orang lain tidak nyaman ketika ngobrol dengan Anda. Lantas, apa sih penyebab bau mulut?

Bau mulut atau yang disebut halitosis dalam bahasa medis ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut. Akibatnya, saat membuka mulut atau membuang napas lewat mulut, keluarlah aroma yang tidak sedap.

Biasanya orang menganggap bau mulut karena malas gosok gigi. Tapi, sebenarnya bukan karena hal tersebut. Berikut 5 penyebab bau mulut yang dikutip dari Mayoclinic, Minggu (11/9/2022).

Mulut kering

Bau Mulut

Air liur membantu membersihkan mulut Anda, menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Suatu kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun.

Mulut kering secara alami terjadi saat tidur, menyebabkan "napas pagi", dan akan memburuk jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Mulut kering kronis dapat disebabkan oleh masalah pada kelenjar ludah dan beberapa penyakit.

Makanan

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah makanan. Pecahnya partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau tak sedap.

Makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah, juga bisa menyebabkan bau mulut. Setelah mencerna makanan ini, mereka memasuki aliran darah, lalu dibawa ke paru-paru dan mempengaruhi pernapasan Anda.

Produk tembakau

Penyebab bau mulut berikutnya adalah produk tembakau. Merokok menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Perokok dan pengguna tembakau oral juga lebih cenderung memiliki penyakit gusi, sumber bau mulut lainnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Infeksi di mulut

Penyebab bau mulut berikutnya adalah infeksi di mulut. Bau mulut dapat disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau akibat kerusakan gigi, penyakit gusi atau sariawan.

Kondisi mulut, hidung dan tenggorokan

Penyebab bau mulut terakhirnya dapat disebabkan oleh kondisi mulut, hidung, dan tenggorokan. Bau mulut kadang-kadang bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel dan ditutupi dengan bakteri yang menghasilkan bau. Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan postnasal drip, juga dapat menyebabkan bau mulut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini