Share

5 Tipe Hubungan Kucing Peliharaan dengan Majikannya, Jadi Makin Sayang

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 09 September 2022 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 612 2664090 5-tipe-hubungan-kucing-peliharaan-dengan-majikannya-jadi-makin-sayang-Rinvlvx7rJ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ADA 5 tipe hubungan kucing peliharaan dengan majikannya. Keduanya membentuk ikatan emosional kuat.

Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki banyak kelebihan. Bulunya lembut, mata bulat serta sifatnya yang menggemaskan membuat pemiliknya senantiasa ingin mengelus dan mengajak bermain. Perilaku menggemaskan itu membuat pecinta kucing sangat terhibur.

Hubungan antara kucing dengan manusia sudah sangat lama terjalin ketika manusia masih hidup nomaden. Diperkirakan hubungan kucing dengan manusia sudah ada sejak 8000 SM.

Bahkan cerita lain mengisahkan hubungan tersebut sudah terjalin sejak 4000 SM saat manusia hidup bertani di sepanjang sungai Nil. Akhirnya kucing tinggal di daerah pertanian untuk mengusir tikus. Hubungan mutualisme manusia dengan kucing terjalin hingga kini.

Kucing

Berikut 5 tipe hubungan kucing peliharaan dengan majikannya dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Hubungan Terbuka

Hubungan terbuka antara kucing dan pemiliknya berarti bahwa hewan peliharaan Anda mandiri, sehingga mereka merasa nyaman berhubungan dengan orang lain dengan cara yang sama seperti mereka berinteraksi dengan Anda dan juga tidak perlu berpelukan dengan Anda sebagai cara untuk menjalin ikatan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

2. Co-dependence

Kucing-kucing ini sering bergantung pada pemiliknya yang sangat emosional (kucing sangat penting bagi pemiliknya, mungkin dilihat sebagai keluarga atau sebagai teman baik)," para peneliti menjelaskan dalam penelitian tersebut. Pemilik biasanya bermain secara teratur dengan kucing, dan dipandang sebagai bagian dari kelompok sosial yang sama (kucing berperilaku ramah terhadap pemiliknya.

3. Remote Association

Remote association yang terjalin antara kucing dengan manusia hanya sebatas hewan dan pemberi makan saja. Keduanya tidak ada hubungan tertentu atau ikatan emosional. Manusia hanya sebagai pemberi makan dan kucing tidak menganggap manusia sebagai majikan atau pemeliharanya.

4. Tidak Cemburu

Ikatan sahabat ini tidak seperti manusia yang dekat.  Hanya saja kucing tidak terlalu membutuhkan tuannya. Kucing juga tidak cemburu jika tuannya memiliki lebih dari satu peliharaan.

5. Hubungan Tidak Terlalu Kuat

Hubungan tidak terlalu kuat (casual relation) terjalin pada kucing dan manusia. Manusia tidak memiliki ikatan emoticon pada kucingnya dan membebaskan kucingnya bermain kemanapun. Kendati demikian kucing tetap nyaman tinggal di rumahnya saja.

Nah itulah tadi 5 tipe hubungan kucing peliharaan dengan majikannya.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini