Share

Ratu Elizabeth II Pernah Lihat Proses Pembuatan Kue Putu di Indonesia Loh!

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 10 September 2022 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 10 298 2664866 ratu-elizabeth-ii-pernah-lihat-proses-pembuatan-kue-putu-di-indonesia-loh-eD5wVclSXh.JPG Ratu Elizabeth II, (Foto: Reuters)

SOSOK Ratu Elizabeth II, yang baru saja meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9/2022) waktu setempat, bisa dibilang dekat dengan pemerintah Indonesia.

Kedekatan dua negara, Inggris dan Indonesia sejak lampau, bisa terlihat salah satunya lewat kunjungan Ratu Elizabeth ke Indonesia pada tahun pada 1974.

Menyambangi Indonesia, kala itu Ratu ditemani sang suami, bersama Duke of Edinburg atau Pangeran Philip. Ratu dan Pangeran Philip disambut oleh Presiden Soeharto dan Ibu Negara, Tien Soeharto saat itu.

Menariknya, ternyata dalam agenda kunjungan Ratu Elizabeth II ke Indonesia, nenek dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu sempat melihat proses pembuatan kue Putu, salah satu kue tradisional khas Indonesia yang proses pembuatannya menggunakan batang bambu.

Momen ini terungkap melalui unggahan foto klasik di akun Instagram ‘Cendana.archieves”. Dalam foto terlihat, Ratu didampingi langsung oleh Ibu Tien Soeharto melihat langsung bagaimana cara membuat kue Putu di Istana Negara, yang dipandu oleh Jope Ave pada 22 April 1974.

(Foto: Instagram @cendana.archieves)

“Ibu Tien Soeharto mendampingi Queen Elizabeth II di Istana Negara menyaksikan pembuatan kue putu yang dipandu oleh Bpk Jope Ave (22 April 1974),” bunyi keterangan foto hitam putih tersebut.

Jope Ave sendiri, merujuk pada salah satu komentar netizen dengan bersumber dari buku Pak Harto: The Untold Stories (2011), saat itu menjabat sebagai Kepala Rumah Tangga Istana Kepresidenan RI sejak 1972 hingga 1978.

 Wah menarik bukan? Ternyata seorang Ratu seperti Ratu Elizabeth II pernah melihat dan mengetahui bagaimana cara membuat kue putu bambu secara tradisional. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini