Share

Charles Naik Takhta Jadi Raja, Apa Gelar Baru Camilla Paska Ratu Elizabeth II Meninggal?

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 10 September 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 10 612 2664770 charles-naik-takhta-jadi-raja-apa-gelar-baru-camilla-paska-ratu-elizabeth-ii-meninggal-2GkVKvbnKZ.JPG Raja Charles III dan Permaisuri Ratu Camilla, (Foto: Reuters/ Henry Nicholls)

MENINGGALNYA Ratu Elizabeth II pada Kamis 8 September 2022 waktu Inggris, membawa perubahan besar pada monarki Inggris.

Kini, sang anak pertama, Charles yang sebelumnya menyandang titel sebagai Pangeran, naik takhta menjadi Raja dengan menjadi Raja Charless III. Lalu bagaimana dengan sang istri, Camilla? Apakah ini artinya Camilla juga menjadi Queen alias Ratu?

Gelar Camilla sendiri, sudah pernah ditegaskan oleh Ratu Elizabeth II lewat pidatonya dalam acara Platinum Jubilee, perayaan dirinya memimpin selama 70 tahun. Dalam pernyataannya, seperti dikutip dari NY Times, Sabtu (10/9/2022) Ratu kala itu menyebyt ketika sudah waktunya kelak, sang putra, Charles akan naik takhta menjadi Raja dan menantunya, Camilla akan menjadi Queen Consort atau Permaisuri Ratu.

Bahkan Ratu juga sempat meminta rakyat Inggris untuk menunjukkan dukungan yang sama diberikan untuknya, kepada Charles dan Camilla kelak. Sebab Charles lah yang sekarang menjadi Raja dan Camilla menjadi Queen Consort, gelar yang menunjukkan bahwa dia adalah pasangan dari raja yang memerintah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Lantas apa perbedaan antara ratu dan permaisuri? Dalam sistem monarki, seorang ratu adalah seorang raja perempuan yang memerintah yang pangkat, peran, dan gelarnya sama atau setara dengan raja.

Kini, karena Camilla bersuamikan seorang Raja, maka Camilla memegang gelar wanita yang setara dengan gelar suaminya. Namun, Camilla tidak akan berbagi peran netral politik Charles sebagai kepala negara Inggris, seperti dikutip dari Today.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini