Share

Mencicipi Serabi Notosuman, Kuliner Khas Solo yang Legendaris di Jakarta

Syifa Fauziah, Okezone · Minggu 11 September 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 298 2665079 mencici-serabi-notosuman-kuliner-khas-solo-yang-legendaris-di-jakarta-CSXSsxpzb2.jpg Serabi Notosuman khas Solo (Foto: Syifa/MPI)

INDONESIA memiliki kuliner yang beragam. Setiap daerah memiliki kuliner yang terdiri dari camilan hingga makanan berat dengan ciri khasnya yang berbeda. Salah satunya adalah Solo yang memiliki beragam kuliner, sebut saja Serabi Notosuman.

Serabi Notosuman ini masuk dalam kategori camilan khas Solo yang sangat lezat dan legendaris. Beberapa waktu lalu, MNC Portal sempat mengunjungi Serabi Notosuman yang berada di Kampung Notosuman, Solo.

Serabi Notosuman

Sepanjang jalan itu, banyak yang menjual serabi, dan yang terkenal adalah Srabi Notosuman Nyonya Handayani. Rupanya, serabi ini sudah ada sejak tahun 1923. Pemiliknya, Yohana merupakan generasi keempat yang melanjutkan usaha keluarganya.

Selain di Solo, camilan jenis serabi ini juga ada di Bandung, namun yang khas Solo berbeda terutama dari bahan baku, pembutan, penyajian, hingga rasanya.

Serabi Notosuman

โ€œSerabi Notosuman memakai bahan-bahan seperti tepung beras, pandan, vanilla, gula, santan kelapa, dan garam. Sementara serabi Bandung menggunakan tepung terigu,โ€ ujar Handayani saat ditemui belum lama ini.

Tak hanya itu, dari segi rasa, serabi Solo cenderung manis dan gurih karena ada campuran santan. Serabi ini juga dikreasikan dengan beberapa toping seperti cokelat, keju, dan lain sebagainya.

"Dari nenek buyut saya memang hanya dua rasa ada coklat dan original. Dulu sempat pakai topping telur tapi karena permintaan membludak dan proses memasaknya lama, kita keteteran, jadi sekarang hanya dua rasa aja," jelas Yohana.

MNC Portal pun sempat mencicipi menu Serabi Notosuman itu. MNC Portal mencoba dua rasa, cokelat dan original. Kedua rasanya lezat dan gurih karena ada rasa santan yang cukup kuat. Yang menarik, serabi ini dibungkus dengan daun pisang, sehingga saat disantap ada aroma daun pisang yang sangat harum dan nikmat.

Serabi Notosuman

Bagi Anda yang penasaran mencicipi kuliner ini, tak perlu jauh-jauh ke Solo, sebab Yohana memboyong bisnisnya ke event Jakarta Food Festival di Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) yang berada di La Piazza, Kelapa Gading tanggal 1 September โ€“ 9 Oktober 2022.

Tak hanya Srabi Notosuman Ny. Handayani, event ini juga menghadirkan 500 menu kuliner dari 70 tenant yang terpilih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini