Share

Resep Bumbu Urap Jawa dan 5 Manfaatnya bagi Kesehatan

Ratu Syra Quirinno, MNC Media · Minggu 11 September 2022 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 298 2665135 resep-bumbu-urap-jawa-dan-5-manfaatnya-bagi-kesehatan-MXEvt2J7tE.jpg Resep Bumbu Urap (Foto: Cookpad)

URAP Jawa merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang banyak digemari. Banyak orang yang mencari tahu resep bumbu urap Jawa yang enak dan vitamin serta manfaat kesehatannya.

Makanan ini terbuat dari beberapa macam sayuran yang dicampur dengan kelapa parut berbumbu, Selain rasanya yang enak, urap Jawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena di dalamnya mengandung banyak vitamin A, B1 dan C juga mineral kalsium, fosfor dan zat besi.

Lantas apa saja resep, vitamin serta manfaat urap Jawa? Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/9/2022), simak ulasannya di bawah ini.

Urap

Resep Urap Jawa

Bahan-bahan

1 ikat Bayam

2 buah Wortel ukuran sedang

1 bh Kol ukuran sedang

250 gram Taoge

1 butir Kelapa Parut yang 1/2 tua

1 bungkus Asam Jawa dilarutkan dengan 5 sdm air

Bahan yg dihaluskan :

10 buah Cabe Merah

6 buah Cabe Rawit

2 ruas Kencur

secukupnya Terasi

200 gram Gula merah yg diiris-iris

3 lembar daun Jeruk

Langkah-langkah:

1. Potong/iris semua sayuran sesuai selera dan cuci sampai bersih

2. Masak air sampai mendidih

3. Rebus sayuran secara bergantian di air yang mendidih, setelah matang angkat dan tiriskan

4. Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak goreng. Masukkan daun jeruk sebagai pewangi

5. Setelah tumisan bumbu harum, masukkan larutan air asam Jawa, aduk, lalu tambahkan garam, gula dan penyedap secukupnya dan masak beberapa menit

6. Lalu masukkan kelapa parut setengah tua tadi kedalam tumisan bumbu, aduk rata sampai meresap dan agak sedikit kering

7. Setelah bumbu urapnya matang angkat, kemudian semua sayur yang sudah direbus campur dengan bumbu urap yang telah matang

8. Hidangan urap siap untuk disajikan dan disantap

Manfaat Urap Sayur bagi Kesehatan:

1. Melindungi Kesehatan

Manfaat urap sayur yang pertama dapat melindungi kesehatan. Dengan mengonsumsi urap sayur setiap hari Anda dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang kita.

2. Bermanfaat untuk Ibu hamil saat Melahirkan

Selain itu, urap juga bermanfaat untuk Ibu saat melahirkan. Kandungan vitamin A pada urap dapat mencegah komplikasi pada ibu setelah pada masa persalinan. Vitamin A yang terdapat pada urap juga mampu mencegah ibu terserang penyakit anemia saat melahirkan.

3. Bantu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat urap selanjutnya dapat mencegah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat karena sulit disembuhkan dan dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah penyakit tersebut, kalian dapat mengkonsumsi makanan urap sayur.

4. Membantu Memperbaiki Sel Kulit

Manfaat urap berikutnya yaitu dapat membantu memperbaiki jaringan pada sel kulit. Vitamin C yang terdapat pada urap memiliki zat antioxidan. Zat tersebut bisa membantu tubuh untuk memperbaiki jaringan pada sel kulit.

5. Turunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol kalian, tingkatkan konsumsi makanan sayuran hijau atau mengkonsumsi urap sayur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini