Share

6 Fakta Menarik Gaun Pengantin Ratu Elizabeth II, Pembelian Kain Sempat Disumbang Kupon Rakyat

Putra Syah Norens, Okezone · Selasa 13 September 2022 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 194 2666106 6-fakta-menarik-gaun-pengantin-ratu-elizabeth-ii-pembelian-kain-sempat-disumbang-kupon-rakyat-OcDDf5XPjA.JPG Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, (Foto: Historia/ Shutterstock)

MENINGGALNYA Ratu Elizabeth II pada Kamis 8 September lalu, memunculkan duka mendalam bagi banyak orang di berbagai belahan dunia.

Berpulangnya sosok pemimpin takhta Kerajaan Inggris Raya selama 70 tahun tersebut, juga sekaligus membuat terkuak kembali mengenang momen indah semasa hidupnya.

Salah satunya momen pernikahan Ratu Elizabeth II yang kala itu masih bergelar sebagai Putri dengan Pangeran Philip pada 20 November 1947. kala itu, gaun yang akan dipakai oleh Ratu menjadi bahan perbincangan.

Begitu ikonik, proses pembuatan gaun milik Ratu Elizabeth II ini telah dibuatkan novel sejarahnya berjudul "The Gown." Penasaran kan, apa saja sih rahasia di balik gaun pernikahan Ratu Elizabeth II? Berikut ulasan enam fakta menariknya, sebagaimana dilansir dari PageSix, Selasa, (13/9/2022).

1. Approve hanya kurang dari tiga bulan: Gaun pengantin Ratu, belum dibuat bahkan sampai Agustus 1947. Kurang dari tiga bulan dari tanggal pernikahan, gaun pengantin rancangan Norman Hartnell itu baru mendapat persetujuan alias baru di-approved rancangannya oleh pihak kerajaan.

2. Butuh 350 orang wanita: Dalam proses pembuatannya, karena memiliki detail yang rumit. Sehingga dibutuhkan sampai 350 orang wanita untuk menyelesaikan gaun tersebut dalam jangka waktu yang begitu singkat. 350 orang wanita ini juga harus disumpah, untuk tetap menjaga kerahasian setiap detail dari gaun tersebut agar tidak bocor ke publik atau pun media.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Pembelian kain dibantu rakyat biasa dengan kupon: Saat paska-perang di Inggris, negara butuh penghematan biaya. Ini artinya, setiap orang harus menggunakan kupon jatah pakaian. Nah, material bahan yang digunakan untuk gaun Ratu Elizabeth II adalah Duchess Satin, kain mahal yang sangat sulit didapat pada jaman itu. Diketahui, pemerintah Inggris memberi Putri Elizabeth sebanyak 200 kupon jatah tambahan. Namun, karena wanita di seluruh Inggris sangat senang melihat Putri Kerajaan mereka menikah, dengan sukarela rakyat mengirimkan voucher miliknya untuk membantu menutupi biaya pembuatan gaun tersebut. Namun, Ratu mengembalikan kupon dari rakyat tersebut, mengingat sebetulnya memberikan jatah kupon kepada orang lain adalah tindakan illegal. Namun Ratu sangat menghargai dan tersentuk dengan gestur dari para wanita di Inggris tersebut.

(Foto: Historia/ Shutterstock)

4. Terinspirasi oleh lukisan Botticelli: Menurut Royal Collection Trust, desainer Norman Hartnell Norman mendapatkan inspirasi desain gaun pengantin Ratu Elizabeth dari lukisan terkenal milik seniman terkenal Italia Sandro Botticelli, Primavera. Kata "primavera" berarti musim semi dalam bahasa Italia, dan lukisan itu menampilkan Flora, dewi musim semi dan Venus, dewi cinta dan kecantikan.

5. Bertabur 10 ribu biji mutiara impor dari Amerika: Salah satu detail yang menonjol pada gaun pengantin Elizabeth II saat itu, adalah taburan 10000 mutiara yang membentuk pola bunga yang menurut keterangand ari Royal Collection Trust, mutiara gaun tersebut diimpor dari Amerika Serikat.

6. Tidak fitting: Uniknya, gaun pengantin ini benar-benar dipakai Putri Elizabeth II saat di hari H pernikahannya. Ya, nenek dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu tidak tahu apakah gaunnya akan muat di tubuhnya atau tidak, sampai benar-benar di pagi hari pernikahannya. Kepada Telegraph, Foster, penjahit gaun tersebut mengatakan bahwa gaun Putri Elizabeth dikirim pada hari pernikahan untuk menghindari keyakinan bahwa akan sial jika mencoba gaun pengantin sebelum hari pernikahan tiba. 

BACA JUGA:4 Potret Anggun Jessica Mila dengan Gaun Dress Menerawang, Aura Calon Pengantin Terpancar!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini