Share

Mau Punya Otot Seperti Atlet, Ini Loh Zat Gizi yang Paling Diperlukan

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 12 September 2022 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 298 2665574 mau-punya-otot-seperti-atlet-ini-loh-zat-gizi-yang-paling-diperlukan-3aUlpoKpHd.jpg Ilustrasi Tubuh Berotot. (Foto: Shutterstock)

MEREKA yang menjalani kehidupan sebagai atlet memang harus emnjaga pola makan dan latihannya. Mengonsumsi makanan sehat saja tidak perlu, apalagi ketika tengah membangun otot.

Oleh karena itu, selain rutin latihan, pola makan yang tepat juga bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan seorang atet. Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga & Kebugaran Indonesia (ANOKI), Dr. Mury Kuswary, SPd, MSi menjelaskan, ada beberapa asupan gizi yang esensial bagi seorang atlet untuk meningkatkan kekuatan otot, daya tahan fisik, dan proses pemulihan setelah latihan fisik intens.

โ€œBagi seorang atlet, untuk meningkatkan kekuatan otot tentunya zat gizi protein berperan sangat penting dalam membantu proses sintesis protein, supaya kekuatan otot serta proses recovery nantinya menjadi optimal," ujar Dokter Mury Kuswary seperti dilansir dari Antara.

Otot

Kendati memiliki peran penting, lanjut Dokter Mury, tentunya juga harus didukung dengan zat gizi makro dan mikro lainnya dengan kualitas yang baik. "Selain kualitas, jumlah yang tepat serta meal timing menjadi faktor penting agar atlet dapat menampilkan performa terbaik saat latihan maupun pertandingan,โ€ ungkapnya.

"Kebutuhan gizi terlebih asupan protein yang tepat dan berkualitas sangat penting untuk atlet maupun pegiat olahraga karena dapat membantu memenuhi kecukupan tubuhnya dalam melakukan aktivitas fisik, supaya menjadi lebih sehat, bugar, dan produktif," tambah dia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Menurut Dokter Mury, Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September kemarin dapat menjadi momentum untuk semua insan olahraga maupun masyarakat umum dalam menggaungkan kembali semangat rutin berolahraga, supaya menjadi lebih sehat dan bugar, selain itu perlu juga didukung asupan gizi yang baik.

Baginya, gizi ibarat bahan bakar kendaraan bagi atlet maupun pegiat olahraga, sebaik apapun kendaraan tanpa bahan bakar yang baik akan berjalan dengan lambat

โ€œOleh karena itu sangat penting pengetahuan gizi bagi atlet maupun lingkungan sekitarnya untuk lebih melek gizi agar kita dapat memberikan bahan bakar terbaik sehingga performa yang optimal juga didapatkan. Bukan tidak mungkin prestasi olahraga Indonesia akan semakin meningkat,โ€ tutup Dokter Mury.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini