Share

Ada Apa dengan Mangkuk Ayam Jago yang Terpanjang di Google Doodle?

Vivin Lizetha, Okezone · Senin 12 September 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 298 2665904 ada-apa-dengan-mangkuk-ayam-jago-yang-terpanjang-di-google-doodle-bcAGo6gJNY.jpg Mangkuk ayam jago (foto: carousell)

ADA yang berbeda pada tampilan google hari ini. Ya, gambar ayam jago dan mangkuk terlihat di ikon Google Goodle.

"Merayakan mangkuk ayam jago," tulis Google pada gambar Doodle tersebut.

Ada apa dengan mangkuk ayam? Mengapa gambarnya terpajang di google pada hari ini Senin, 12 September 2022?

 mangkok ayam jago

Ternyata hari ini Google tengah merayakan hari didaftarkannya mangkuk ayam jago yang terkenal di Asia Tenggara. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, diketahui mangkuk ayam ini berasal dari Lampang, Thailand. Dan pemerintah setempat sudah mendaftarkan mangkuk ini sebagai produk penanda geografis dari wilayah terbesar ke-3 di Thailand itu.

Konon katanya desain mangkuk ayam ini sudah ada sejak 500 tahun yang lalu. Desainnya pun pernah memenangkan lelang seharga 500 miliar rupiah.

Dikutip dari berbagai sumber, diketahui mangkuk ayam awalnya adalah salah satu wadah makan kepunyaan kaisar ke-8 Dinasti Ming, Kaisar Chenghua di Tiongkok. Beliau dikenal menyukai seni murni seperti kaligrafi dan lukisan.

Suatu hari, sang Kaisar sangat suka pada sebuah desain bergambar ayam jago merah berdiri bersebelahan dengan sekuntum bunga peony. Menurutnya, filosofi yang terdapat dalam gambar tersebut sangat menarik.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Ayam jago melambangkan suatu ide agar "bangun pagi supaya rezekinya tidak dipatuk ayam." Bunga peony sendiri memiliki makna "kemakmuran."

Bentuk kekaguman tersebut akhirnya ia tuang pada sebuah cangkir. Dahulunya cangkir-cangkir ini hanya dimiliki kerajaan. Karena dibuat di atas porselen berkualitas tinggi.

Seiring berjalannya waktu, banyak terjadi migrasi penduduk Tiongkok keluar negaranya karena perang dan krisis pangan. Para migran Tiongkok inilah yang membawa desain ayam jago ini keluar dari negara asal, khususnya ke Asia Tenggara.

Desain ayam jago terus berkembang terutama di negara Singapura, Malaysia, Thailand, dan juga Indonesia. Di Indonesia, mangkuk ayam sangat populer di kalangan para pedagang kaki lima. Terutama pedagang yang menjual makanan berkuah, seperti bakso, mie ayam, soto, dan sebagainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini