Share

7 Restoran Indonesia Terbaik di Luar Negeri yang Masuk Michelin Guide

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Selasa 13 September 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 298 2666053 7-restoran-indonesia-terbaik-di-luar-negeri-yang-masuk-michelin-guide-mknGAkco9V.jpg Restoran Indonesia di Luar Negeri yang Masuk Daftar Michelin Guide (Foto: Guide.Michelin)

BEBERAPA restoran Indonesia masuk ke dalam daftar Michelin Guide dan mendapat predikat Bib Gourmand. Artinya, restoran tersebut menawarkan pengalaman bersantap dengan kualitas terbaik dan adiboga yang mewah, namun tetap menerapkan harga yang terjangkau.

Bagi yang belum tahu, Michelin Guide ini merupakan acuan para foodies seluruh dunia dalam mencari tempat makan berkualitas serta menu yang enak. Tidak sembarang restoran bisa terpilih masuk ke dalam daftar, apalagi menyandang predikat Bib Gourmand.

Meski di Indonesia sendiri belum memiliki Michelin Guide, tapi ada sederet restoran Indonesia di luar negeri yang berhasil menembus Michelin Guide. Apa saja? Dilansir dari situs resminya, Selasa (13/9/2022), berikut 7 restoran Indonesia di luar negeri yang masuk Michelin Guide dan meraih predikat Bib Gourmand.

1. Lucky Indonesia, Michelin Guide Hong Kong

Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide

Lucky Indonesia meraih predikat Bib Gourmand dari Michelin Guide Hong Kong. Dekorasi ruang makan kecil di tempat ini mungkin terasa sedikit kuno alias jadul, tetapi masakan Jawa Tengah yang otentik dan lezat di sini mampu membuat pengunjung menjadi pelanggan tetap selama lebih dari 30 tahun.

Menu andalannya adalah sate bakar. Aroma smoky yang khas sukses bikin para pelanggan ketagihan. Sate bakar di sini tersedia dalam berbagai daging pilihan, mulai dari domba, sapi, hingga ayam. Makanan khas Indonesia lainnya seperti nasi kuning dan bandeng goreng juga sangat direkomendasikan di restoran ini. Harga makanannya sekitar HKD 100 atau Rp188.000. Jika ingin berkunjung, kamu bisa datang ke 46 Tung Ming Street.

2. Sate House, Michelin Guide Taipei & Taichung

Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide

Sate House juga masuk dalam daftar Bib Gourmand Michelin Guide Taipei & Taichung. Sejak tahun 1993, restoran yang terletak di 15 Leli Road, Da'an District, Taipei ini telah menyajikan masakan klasik asli Indonesia, seperti rendang daging sapi, sate, dan ayam goreng kalasan.

Ruangannya sederhana, tetapi kerajinan tangan seperti pahatan kulit, ukiran kayu, dan model perahu rongsokan di sini memancarkan pesona pedesaan yang bikin nyaman para pelanggan. Kalau mau bersantap di sini, kamu harus siapkan dana sekitar TWD 1.000 atau Rp480.000.

3. Pandan, Micheline Guide Guangzhou

Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide

Restoran Pandan di Toko B5, 4F, China Plaza, 33 Zhongshan Third Road, Guangzhou, China juga masuk dalam daftar Bib Gourmand. Makanan yang disajikan di sini sangat otentik. Pasalnya, kepala koki dan sebagian besar tim dapurnya adalah orang Indonesia. Bahkan, semua rempah-rempah juga didatangkan secara khusus dari Indonesia.

Menu andalan di restoran ini adalah sate ayam bakar. Perpaduan daging yang juicy dengan saus kacang yang manis rupanya sukses menggoyang lidah para penduduk setempat. Selain itu, daging rendang restoran ini juga menjadi juara di hati para pelanggan. Menu makanan di sini ditaksir harga sekitar 150 CNY atau Rp320.000.

4. Cumi Bali, Michelin Guide Singapura

Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide

Cumi Bali yang berada di Singapura pun masuk dalam daftar Bib Gourmand. Restoran ini hadir sejak 1986 dengan nuansa tradisional yang kental, bahkan interior restoran pun dihiasi bambu. Sesuai dengan namanya, cumi bakar dengan bumbu rempah menjadi menu andalan di restoran ini. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat para pengunjung kerap ketagihan!

Selain itu, ada pula menu nasi kunyit yang dibuat dengan 11 jenis rempah sekaligus. Menu lain yang tak boleh dilewatkan adalah sate madura, udang serai, sambal cumi terong balado, sop buntut, hingga es cendol. Kisaran harga menu makanan di sini SGD 45 atau Rp 476.000.

5. Spandershoeve, Micheline Guide Belanda

Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide

Berpindah ke Belanda, ada restoran Spandershoeve yang masuk ke dalam daftar Bib Gourmand. Restoran otentik ini telah menyediakan masakan tradisional Indonesia sejak tahun 1972. Beberapa makanan yang tersedia, yaitu soto ayam, ikan mangut, sambal goreng pete udang, ayam rica-rica, dan rendang.

Sesuai tradisi makan orang Belanda, tersedia juga menu rijsttafel untuk dua orang. Makanan dalam menu ini seperti sambal goreng daging, sate ayam, perkedel, dan gado-gado. Harga makanan di Spandershoeve berkisar 39-60 euro atau Rp590.000 - Rp905.000. Jika ingin mencicip masakannya, kamu bisa datang ke Bussumergrintweg 46, Hilversum, 1217 BS, Belanda.

6. Blauw, Micheline Guide Belanda

Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide

Masih di Belanda, ada pula restoran Blauw yang masuk ke dalam daftar Bib Gourmand. Restoran di Springweg 64, Utrecht, Belanda ini menyajikan 'street food' khas Indonesia. Kisaran harga bersantap di sini 40-75 euro atau sekitar Rp 598.000-Rp 1,1 juta.

Blauw menyajikan menu 'rice table' yang memungkinkan pengunjung menikmati kehandalan chef dalam menyajikan menu di sini. Salah satu yang terkenal adalah daging kambing panggang. Menu lainnya ada soto ayam, iga bakar bumbu Padang, ikan asam padeh, hingga dessert seperti onde-onde dan dadar gulung.

7. Dija Mara, Micheline Guide Amerika Serikat

Restoran Indonesia Masuk Michelin Guide

Dija Mara yang termasuk daftar Bib Gourmand menyajikan masakan cita rasa Asia Tenggara dengan sentuhan barat. Masakan tersebut dibuat dengan teknik memasak Jepang, sehingga punya cita rasa yang khas. Kamu dapat menjajal beragam masakan Indonesia di Dija Mara seperti gado-gado, ayam penyet, beef short-rib rendang, dan nasi goreng. Harga makanan di Dija Mara ditaksir sekitar 60 dolar AS atau Rp890.000-an. Jika tertarik berkunjung, kamu bisa datang ke 232 S. Coast Hwy., Oceanside, 92054.

Demikian 7 restoran indonesia yang masuk ke dalam daftar Michelin Guide dan menyandang Bib Gourmand. Sudah pernah mengunjunginya?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini