Share

3 Buah dan Sayur yang Bagus untuk Masker Wajah Alami, Masih Jarang yang Tahu Bestie!

Siti Amalia Agustin, Presma · Senin 12 September 2022 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 611 2665746 3-buah-dan-sayur-yang-bagus-untuk-masker-wajah-alami-masih-jarang-yang-tahu-bestie-iU0QuOh1Zb.JPG ekstrak nanas untuk masker wajah alami, (Foto: Freepik)

MASKER wajah jaadi salah satu perawatan kesehatan dan kecantikan kulit yang digemari banyak wanita.

Tidak hanya memberikan manfaat nyata pada kulit, tetapi masker wajah juga jenis skincare yang mudah didapat. Salah satunya, karena bisa dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan sayur dan buah-buahan yang penuh nutrisi.

Nah, ada loh beberapa buah dan sayur yang sayangnya masih jarang diketahui banyak orang, yang ternyata bermanfaat untuk digunakan sebagai masker wajah alami. Apa saja? Merangkum berbagai sumber, Senin (12/9/2022) berikut paparan singkat tiga buah dan sayur yang bagus untuk masker wajah alami.

1. Ekstrak buah nanas: Mengandung enzim bromelain yang bermanfaat, mulai dari membantu pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit tampak lebih cerah. Sementara, kandungan Vitamin C yang cukup tinggi pada nanas, disebutkan mampu merangsang produksi kologen dalam tubuh. Selain itu, buah nanas menghasilkan asam yang mampu melakukan pengelupasan sel kulit mati atau sel kulit yang telah menua.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

2. Daun kelor: Di balik ukurannya yang kecil, kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, dan daun kelor dapat digunakan untuk masker organik. Daun kelor mengandung berbagai zat yang bermanfaat. Fitokimia dalam kelor adalah tannin, steroid dan triterpenoid, flavonoid, saponin, antarquinon, dan alkaloid yang notabener semuanya merupakan antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan dan merawat kulit wajah.

3. Wortel: Ya, sayuran yang biasa di dalam sayur sop atau bisa dibuat sebagai minuman jus ini bisa digunakan dan diolah menjadi masker, karena punya kandungan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Wortel segar mengandung banyak air, mineral, vitamin, karbohidrat, lemak, serat, dan nutrisi anti kanker. Wortel mengandung betakaroten yang cukup tinggi dan berfungsi sebagai antioksida untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya penuaan. Buat masker wortel pun mudah, cukup kukus wortel segar lalu dihaluskan dan bisa diaplikasikan seperti masker wajah pada umumnya. Masker wortel ini juga cocok jadi perawatan terutama pada kulit wajah yang berjerawat.

 *Siti Amalia Agustin adalah aktivis Pers Mahasiswa dari Universitas Padjajaran, Bandung

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini