Share

4 Royal Wedding Kerajaan Inggris yang Paling Menarik Perhatian Dunia

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Rabu 14 September 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 194 2666874 4-royal-wedding-kerajaan-inggris-yang-paling-menarik-perhatian-dunia-kaaIeSeufV.JPG royal wedding Kate Middleton dan Pangeran William, (Foto: Reuters/Dominic Lipinski/Pool)

KELUARGA Kerajaan Inggris Raya memang tak pernah lepas dari sorotan banyak mata. Berbagai peristiwa besar, seperti pernikahan anggota keluarga kerajaan, sukses menarik perhatian masyarakat Inggris dan dunia.

Dari sekian banyak gelaran pernikahan para anggota keluarga kerajaan Inggris, ada beberapa yang paling menonjol dan menarik perhatian masyarakat dunia. Menghimpun berbagai sumber, Rabu (14/9/2022) berikut ulasan singkat empat royal wedding Kerajaan Inggris yang paling banyak menarik atensi masyarakat dunia.

1. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip: Ratu Elizabeth II, kala masih menyandang gelar Putri Elizabeth, resmi dipersunting Pangeran Philip pada 20 November 1947. Pernikahan akbar itu dilakukan di Westminster Abbey, Inggris. Elizabeth merupakan anggota kerajaan ke-10 yang menikah di Gereja Kerajaan Westminster Abbey. Melansir Tatler, pernikahan ini menyebar 2000 undangan. Angka tersebut cukup fantastis pada masa itu. Belum lagi ratusan ribu orang lainnya yang memadati jalan-jalan di sekitar tempat pernikahan. Sederet tamu penting pun hadir, mulai dari Raja Irak, Raja dan Ratu Belanda, serta keluarga Kerajaan Luxemburg. Menikah, Ratu Elizabeth II memilih cincin pernikahan yang terbuat dari emas asal Welsh. Emas tersebut diambil dari tambang Clogau St David dan merupakan benda yang sangat spesial. Disebutkan, Pangeran Philip memberikan pesan tersembunyi kepada istrinya dalam cincin itu.

 

(Foto: Shutterstock)

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

2. Pangeran Charles dan Putri Diana: Charles yang kala itu masih berstatus sebagai pangeran menikahi Putri Diana pada 29 Juli 1981. Pernikahan ini merupakan pernikahan anggota keluarga kerajaan terbesar karena disaksikan oleh lebih 750 juta orang di seluruh dunia melalui layar kaca. Tercatat, lebih dari 3000 tamu undangan yang hadir secara langsung. Tidak hanya itu, pernikahan ini juga menelan biaya fantastis, yakni sekitar USD48 juta atau kurang lebih USD156 juta di masa ini. Sebelum menikah, keduanya resmi bertunangan pada 24 Februari 1981. Dari pernikahannya ini, Charles dan Diana dianugerahi dua orang putra, yakni pewaris takhta kerajaan Pangeran William dan Pangeran Harry. Sayangnya, pasangan ini harus bercerai di tahun 1996 karena isu perselingkuhan Charles. Diana tewas dalam kecelakaan tragis di Paris pada 1997.

3. Pangeran William dan Kate Middleton: William Arthur Philip Louis menikahi sang kekasih, yang ia pacari sejak masa kuliah, Catherine Middleton atau Kate Middleton pada 29 April 2011 di London. Royal Wedding ini disaksikan oleh 17,6 juta masyarakat dunia melalui siaran televisi. Selain itu, tercatat ada 1900 undangan yang menghadiri pernikahan tersebut secara langsung. Beberapa nama tenar yang langsung menyaksikan pernikahan William-Kate adalah Elton John, Victoria Beckam, David Beckham, Rowan Atkinson, dan masih banyak lagi. Setelah Putri Diana, Kate merupakan orang biasa selanjutnya yang menikahi calon Raja Inggris. William dan Kate menaiki kereta kerajaan yang juga digunakan orangtua William saat menikah di tahun 1981.

4. Pangeran Harry dan Meghan Markle: Pangeran Harry menikahi aktris asal Amerika, Meghan Markle. Pernikahan yang digelar pada 19 Mei 2018 itu disaksikan oleh setidaknya 1,9 juta melalui saluran televisi. Tercatat, ada 600 tamu undangan yang hadir langsung di Kapel St George di Kastil Windsor dan ditambah sekitar 100 ribu masyarakat Inggris yang turun ke jalan untuk menyapa pasangan baru ini. Dua tahun setelah menikah, Harry dan Meghan memutuskan untuk pindah ke Kanada. Melansir Vogue, Ratu lebih suka jika Harry dan Meghan tetap di Istana dan menjalankan tugas sebagai anggota kerajaan. Tak disangka, Harry dan sang istri juga memilih untuk mengundurkan diri dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Keduanya memilih bermukim di Amerika Utara.

 BACA JUGA:6 Fakta Menarik Gaun Pengantin Ratu Elizabeth II, Pembelian Kain Sempat Disumbang Kupon Rakyat

BACA JUGA:Gaun Hijau Ikonik Kate Middleton Muncul di Karpet Merah Emmy Awards 2022

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini