Share

Bryan Ferrysienanda Bagikan Kisah Inspiratif Petani Jamur yang Kini Sukses Miliki Restoran di Yogyakarta

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Rabu 14 September 2022 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 298 2667101 bryan-ferrysienanda-bagikan-kisah-inspiratif-petani-jamur-yang-kini-sukses-miliki-restoran-di-yogyakarta-PfVR6FmRo5.jpg Bryan (Foto: ist)

Ajang kompetisi MasterChef Indonesia Season 8 telah mengenalkan banyak chef berbakat Indonesia kepada publik. Salah satu peserta yang menarik perhatian penonton karena kemampuan memasaknya yaitu Bryan Ferrysienanda.

Setelah mengerahkan kemampuan terbaiknya, Bryan pun berhasil lolos sampai ke posisi Top 5 MasterChef Indonesia Season 8. Pria kelahiran tahun 1995 tersebut merupakan lulusan Kendall College, Chicago, Amerika Serikat mengambil jurusan Culinary Arts.

 Bryan

Setelah lulus dari MCI 8, kini Bryan mulai aktif membuat konten seru di YouTube Channel miliknya untuk menghibur para penggemar.

Saat sedang melancong ke Yogyakarta, Bryan yang kala itu mampir ke sebuah restoran bernama “Jejamuran” memiliki kesempatan untuk ngobrol bersama pemilik dan pendirinya yang bernama Ratidjo.

Pada video yang diunggah tanggal 11 Agustus 2022, Bryan membagikan obrolan dirinya bersama Pak Ratidjo. Dengan penampilannya yang bersahaja, Pak Ratidjo menceritakan prosesnya dari nol hingga dapat mendirikan restoran “Jejamuran” tersebut.

Untuk diketahui, “Jejamuran” merupakan restoran di Yogyakarta yang menyediakan olahan makanan serba jamur. Dimulai dari seorang petani jamur, Pak Ratidjo mengaku bahwa pada awalnya ia tidak memiliki banyak ilmu mengenai jamur. Namun dengan bantuan seseorang dari Taiwan, ia berhasil menanam jamur meskipun hasilnya belum menjanjikan untuk produksi besar.

Namun dengan usaha yang gigih, target 100 ton per hari akhirnya bisa dicapai hingga dapat melakukan ekspor jamur ke Amerika, Eropa, Australia, dan Asia. Setelah sukses sebagai pemimpin perusahaan, Pak Ratidjo kemudian memberanikan diri untuk keluar dari perusahaan dan mencoba menanam jamur sendiri.

Dengan adanya beberapa hambatan, Pak Ratidjo kemudian memutuskan untuk memberikan sosialisasi makan jamur dari pintu ke pintu untuk memberikan edukasi bahwa beberapa jenis jamur dapat diolah, sehat, dan pastinya tidak beracun.

“Jejamuran” sendiri awalnya merupakan sebuah angkringan yang didirikan pada tahun 2006. Hingga akhirnya angkringan terus berkembang, dan Pak Ratidjo dapat membeli beberapa bidang tanah untuk membangun restoran.

“Ternyata banyak masalah itu asalkan kita mau menyikapi akhirnya ya bisa ilmunya bertambah,” ujar Pak Ratidjo.

Buat yang penasaran dengan cerita Pak Ratidjo, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Bryan Ferrysienanda, ya!

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini