Share

Kunyit hingga Oatmeal, Bahan Alami di Dapur yang Bisa Dimanfaatkan untuk Perawatan Kulit Wajah

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Rabu 14 September 2022 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 611 2667385 kunyit-hingga-oatmeal-bahan-alami-di-dapur-yang-bisa-dimanfaatkan-untuk-perawatan-kulit-wajah-v652Mkwz33.JPG bahan alami untuk skincare wajah, (Foto: Freepik)

PRODUK perawatan wajah yang tersedia di pasaran, memang instan, mudah didapat dan banyak variasinya.

Namun, tidak ada salahnya juga kita beralih ke yang alami, memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur rumah. Sebab, ada loh beberapa bahan alami yang biasanya teronggok begitu saja di dapur rumah namun ternyata punya manfaat bisa digunakan sebagai produk alami untuk skincare alias perawatan kulit wajah.

Tanpa perlu berlama-lama, sebagaimana merangkum berbagai sumber, berikut paparan singkat empat bahan alami di dapur rumah yang bisa dipakai untuk merawat kulit wajah, Rabu (14/9/2022).

1. Kunyit: Tumbuhan herbal satu ini selain berkhasiat untuk meredakan sakit saat datang bulan juga bisa untuk merawat wajah. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari kunyit. Kunyit dianggap mampu untuk mencerahkan kulit wajah, merawat wajah berjerawat, memperlambat penuaan dini, dan masih banyak lainnya. Tanaman yang sudah ada sejak 77 sebelum Masehi (SM) ini bisa menjadi perawatan alami terutama bagi yang memiliki kulit berjerawat. Cara penggunaan kunyit, bisa dijadikan masker dengan mencampurkan bubuk kunyit dan minyak zaitun. Jika digunakan secara rutin, masker alami tersebut bisa mengobati beruntusan di wajah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Oatmeal: Selain dikonsumsi, oatmeal juga memiliki banyak manfaat untuk wajah. Oatmeal bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit loh! Apalagi tekstur oatmeal yang mudah lunak membuatnya aman jika digunakan di wajah. Rajin eksfoliasi, kulit akan terasa lebih halus karena kulit mati terangkat, mengobati komedo, dan membuat wajah menjadi lebih cerah. Selain itu, oatmeal juga bisa melembapkan kulit wajah dan merawat kulit berjerawat. Untuk merawat wajah, bisa mencampurkan oatmeal, air, dan madu dengan perbandingan rasio 2 banding 4 banding 1. Kemudian campuran tersebut bisa digunakan untuk eksfoliasi atau didiamkan sebagai masker wajah.

3. Lemon: Lemon mampu mengontrol minyak berlebih di wajah, sebagai antiseptik mencegah bakteri jerawat, dan meredakan kemerahan di wajah. Namun, ada beberapa orang yang mungkin sensitif menggunakan air lemon di wajah. Tapi ingat, pakai air lemon sebagai masker atau scrub juga tidak bisa dilakukan dengan durasi lama karena bisa menyebabkan iritasi.

4. Madu: Tahukah Anda, madu mampu menyeimbangkan bakteri pada kulit sehingga cocok digunakan untuk merawat kulit yang berjerawat. Kelebihan lain dari madu yaitu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit wajah, mencerahkan, dan bisa memudarkan bekas luka. Hasil perawatan menggunakan madu alami tidak instan, butuh beberapa proses. Namun karena madu merupakan bahan alami, bahan ini bisa merawat kulit wajah lebih baik dan tidak menimbulkan efek samping. Sebagai catatan, jangan untuk membilas bersih setelah menggunakan madu setelah digunakan sebagai masker. Hal ini dilakukan agar tak ada residu madu yang menempel, lengket dan tidak menjadi bakteri pemicu jerawat.

 BACA JUGA:Guys, Begini 7 Tips Merawat Kulit di Usia 40an

BACA JUGA:Tak Ada Skincare Instan, Ini Waktu yang Diperlukan agar Produk Perawatan Kulit Bisa Bekerja

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini