Share

Sejarah Menyedihkan di Balik Soto Tangkar, Dikumpulkan dari Sisa Orang Belanda

Novie Fauziah, Okezone · Kamis 15 September 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 298 2668415 sejarah-menyedihkan-di-balik-soto-tangkar-dikumpulkan-dari-sisa-orang-belanda-xs8YfP4ZpH.JPG Soto Tangkar ala Chef Stefu, (Foto: MPI/ Novie)

SOTO Tangkar jadi salah satu jenis soto kegemaran masyarakat Indonesia. Maka tak heran, hidangan satu ini dengan mudah ditemui dijajakan oleh pedagang kaki lima sebagai street foods.

Di balik kelezatannya, ternyata ada kisah menyedihkan di balik sejarah asal-usul dari soto tangkar khas Betawi satu ini.

Dijelaskan Executive Aprez Catering dan Amuz Gourmet Restaurant, Chef Stefu Santoso, ternyata jaman dulu soto tangkar adalah makanan rakyat yang isinya berupa sisa-sisa makanan dari orang Belanda.

"Ini makanan orang Indonesia yang dulunya ngambil dari sisa-sisa tuannya, makanan orang Belanda," katanya kepada MNC Portal Indonesia saat Aussie Meat Battle with Meat and Livestock Australia (MLA), di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (15/09/2022).

 

(Chef Stefu, Foto: MPI/ Novie) 

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Ia melanjutkan, saat itu makanan orang Belanda banyak yang tersisa mulai dari tulang-tulang daging sapi yang masih tersemat sisa-sisa dagingnya. Kemudian, orang Indonesia pada saat itu berkreasui mengolahnya menjadi sebuah hidangan berkuah, yang hingga kini dikenal sebagai soto tangkar.

Untungnya, seiring dengan berkembang perekonomian dan zaman. Kini masyarakat tidak perlu memakan soto tangkar dari sisa tulang. Chef Stefu sendiri biasanya menggunakan iga sapi, karena terdapat tulang dan dagingnya.

"Soto tangkar dari originalnya, yaitu cerita itu sebenarnya tulang. Kalau saya lebih memilih menggunakan iga sapi," terangnya.

Namun bisa juga menggunakan daging sapi Australia, yang mana kualitasnya terjamin dan dapat menjadikan rasa soto tangkar ini lebih nikmat. Ditambah dengan kaya protein, serta sudah tersertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kisa bisa memasak soto tangkar dengan menggunakan daging sapi Australia," pungkas Chef Stefu singkat.

 BACA JUGA:Punya Nasi Sisa Semalam? Dibuat Jadi Bubur Ayam Kuah Soto Saja, Intip Resepnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini