Share

7 Fakta Menarik Kohinoor di Mahkota Ratu Elizabeth II, Berlian Paling Terkenal di Dunia

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 17 September 2022 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 194 2669291 7-fakta-menarik-kohinoor-di-mahkota-ratu-elizabeth-ii-berlian-paling-terkenal-di-dunia-5MG2yyUccR.JPG berlian Kohinoor di mahkota Ratu Elizabeth II, (Foto: Reuters/POOL/Oli Scarff)

BERLIAN Kohinoor mendadak populer seiring dengan kematian Ratu Elizabeth II. Ramai di sosial media, para netizen membahas pemerintah Inggris harus memgembalikan artefak yang diambil oleh Kerajaan Inggris, termasuk berlian Kohinoor.

Batu berlian yang ada di mahkota Ratu Elizabeth II tersebut adalah salah satu berlian paling terkenal di dunia, dan menyimpan banyak fakta menarik di dalamnya. Menghimpun Time, NBC News dan Economic Times, Sabtu (17/9/2022) berikut di bawah ini paparan singkatnya.

1. Arti: Kohinoor memiliki arti “Mountain of Light,” atau Gunung Cahaya. Asal-usul pastinya tidak diketahui, namun disebutkan kemungkinan besar ditemukan di India.

2. Bagian sejarah perang: Danielle Kinsey, asisten profesor sejarah Inggris abad ke-19 di Universitas Carleton menyebutkan, berlian Kohinoor memiliki sejarah menjadi bagian dari rampasan perang atau trofi yang diambil sebagai hasil perang di Asia Selatan. Menjadikan Kahinoor sebagai Jadi dalam simbol penjarahan yang sejarah panjang imperialisme penjarahan.

3. Bagian dari beberapa dinasti: Kohinoor jadi bagian penting beberapa dinasti, dimulai dengan Mughal pada abad ke-16, lalu Persia dan kemudian Afghanistan, sebelum Sikh Maharaja Ranjit Singh mendapatkan berlian ini pada tahun 1813. Maharaja Duleep Singh, putra dan penerus Maharaja Ranjit Singh lah orang terakhir yang memegang berlian Kahinoor sebelum diambil oleh Inggris di tahun 1849. Maharaja Duleep yang baru berusia 11 tahun kala itu menandatangani Perjanjian Lahore, yang termasuk di dalamnya menetapkan bahwa ia akan memberikan berlian itu kepada Ratu Inggris.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Pemberian paksa: Merujuk pada surat yang ditulis Lord Dalhousie, negarawan Skotlandia dan gubernur jenderal India pada Agustus 1849 untuk Sir George Couper. Tertera bahwa ia memaksa Maharaja Duleep Singh untuk "memberikan" berlian Kahinoor kepada Ratu Victoria.

5. Awalnya dipakai jadi bros: Kohinoor awalnya hanya dikenakan sebagai bros oleh Ratu Victoria. Baru menjadi bagian dari perhiasan mahkota, saat pertama kali dipasang di mahkota Ratu Alexandra dan kemudian di mahkota untuk penobatan Ibu Suri pada tahun 1937. Ratu Elizabeth II juga akhirnya memakai mahkota dengan berlian Kohinoor di dalamnya sewaktu ia dinobatkan pada tahun 1953.

6. Permata terkenal di mahkota Ratu: Memang berlian Kohinoor hanya salah satu dari 2800 batu permata berharga yang dipasang di mahkota yang dibuat untuk Queen Mother, tetapi berlian berbentuk oval 105 karat ini adalah permata yang paling terkenal di antara ribuan yang tersemat di mahkota tersebut.

7. Harga: Mengutip Economic Times, harga berlian Kohinoor dengan berat 100 karat, berharga sekitar USD200juta atau kurang lebih mencapai Rp3triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini