Share

Jumlah Kalori Es Podeng, Minuman Segar yang Bikin Ketagihan

Gita Chaerani, Okezone · Jum'at 16 September 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 298 2668943 jumlah-kalori-es-podeng-minuman-segar-yang-bikin-ketagihan-N9v5pYuMeG.jpg Kalori Es Podeng (Foto: Cookpad)

KALORI es podeng akan dibahas dalam artikel ini. Siapa yang memasukan es podeng dalam menu cemilan favorit? Hidangan pencuci mulut ini sering kali dicari karena mempunyai rasa yang enak dan bikin nagih.

Es berbahan dasar santan ini memiliki berbagai jenis isian mulai dari mutiara hingga buah alpukat. Lantas berapakah jumlah kalori dalam satu gelas es podeng?

Dikutip dari fatsecret, jumlah kalori dalam es podeng mencapai 300 kalori. Bagi Anda yang sedang melakukan diet, jajanan ini sangat tidak disarankan karena mengandung banyak kandungan gula dan karbohidrat.

Jumlah karbohidrat dalam satu gelas es podeng mencapai 39,59 gram atau setara dengan 51%. Lemak dalam es podeng juga cukup banyak mencapai 15,37 gram atau setara dengan 44%..

Sementara untuk yang tidak sedang diet, ada baiknya untuk membatasi mencicipi minuman segar ini. Jika terlalu sering, bukan tidak mungkin berat badan Anda akan bertambah. 

Nah kalau Anda ingin mencobanya sesekali, bisa mencoba membuat es podeng sendiri di rumah. Cara membuatnya juga tidak terlalu susah kok.

Bisa juga untuk mengisi waktu di akhir pekan dan disajikan di rumah. Berikut resep es podeng yang dikutip dari Cookpad, Jumat (16/9/2022).

Kalori Es Podeng

(Kalori Es Podeng, Foto: Cookpad)

Bahan-bahan:

1200 ml susu uht

1 sct agar2 plain

1 sct agar2 coklat

200 gr gula pasir

Setup nanas

1 bh nanas

100 gr gula pasir

5 cm kayu manis

Setup kolang kaling

250 gr kolang kaling

100 gr gula pasir

5 cm kayu manis

Kuah susu

1 klg susu kental manis cocopandan

Es batu secukup nya

Air secukup nya

Cara membuat :

1. Setup nanas, kupas buah nanas,buang mata nya lalu potong kecil-kecil dan cuci bersih

2. Masukkan nanas yang sudah dipotong-potong, gula dan kayu manis ke dalam panci yang berisi air lalu masak sampai mendidih, angkat dan dinginkan.

3. Setup kolang kaling, cuci bersih kolang kaling lalu masukkan ke dalam panci yang berisi air, tambahkan gula, pewarna merah dan kayu manis lalu masak sampai mendidih lalu angkat dan dinginkan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Puding lapis susu, masukkan agar-agar coklat, gula dan 600 ml susu uht ke dalam panci lalu masak sampai mendidih, angkat lalu tuang ke dalam wadah dan dinginkan. Lakukan hal yang sama pada agar-agar plain. Setelah agar-agar mendidih, angkat dan tuang ke agar-agar coklat yang sudah mengeras tadi. Biarkan sampai dingin lalu potong kotak.

5. Kuah susu, tuang 250 ml susu kental manis ke dalam mangkok. Lalu, tambahkan 100 ml air matang aduk sampai tercampur rata, sisihkan.

6. Penyajian, masukkan satu potong puding susu, satu sendok makan setup nanas dan kolang kaling. Lalu, tuang kuah susu, tambahkan es batu dan sajikan. Selamat mencoba!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini