Share

3 Rasa yang Paling Dominan pada Produk Makanan Ringan di Indonesia

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Sabtu 17 September 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 298 2669120 3-rasa-yang-paling-dominan-pada-produk-makanan-ringan-di-indonesia-RiUKsC7d8X.jpg Ilustrasi Cokelat. (Foto: Shutterstock)

COKELAT memang masih menjadi salah satu rasa yang digemari di dunia, termasuk di Indonesia. Hampir setiap makanan dan minuman memiliki variasi cokelat dalam setiap varian mereka.

Managing Director Barry Callebaut Indonesia Ciptadi Sukono mengatakan bahwa produk-produk makanan ringan dan minuman masih menggunakan cokelat sebagai rasa utamanya, kemudian diikuti dengan keju di urutan kedua dan vanila pada posisi ketiga.

"Cokelat masih mendominasi rasa camilan di Indonesia. Cokelat lebih dominan di Indonesia, bahkan dark chocolate," ujar Ciptadi seperti dilansir dari Antara.

Meski demikian, konsumsi cokelat orang Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan data Euromonitor yang dirilis Juli 2021, masyarakat Indonesia hanya mengkonsumsi 0,3 kg atau 300 gr per orang.

Cokelat

Australia berada di urutan pertama dalam konsumsi cokelat yakni 5,1 kg per orang. Sedangkan posisi kedua diduduki oleh Singapura dengan 1,1 kg per orang. Malaysia berada di nomor tiga dengan 0,5 kg per orang. China dan India berada di urutan kelima yakni 0,1 kg atau 100 gr per orang, angka ini di bawah Indonesia.

Ciptadi mengatakan saat ini cokelat masih menjadi makanan untuk memanjakan diri. Saat suasana hati sedang buruk atau ungkapan kasih sayang, cokelat masih menjadi pilihan utamanya baik dalam bentuk cokelat langsung atau berupa minuman dan camilan.

Pada dasarnya, cokelat adalah makanan yang diciptakan untuk semua kelas sosial. Namun, harga cokelat yang kerap dianggap mahal menjadi makanan ini sebagai camila mewah."Jaman dulu orang menganggap cokelat adalah makanan surga, karena dulu cuma ada cokelat premium jadi harganya mahal," tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini