Share

7 Penyebab Kucing Diare, Ini Tandanya!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 16 September 2022 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 612 2668737 7-penyebab-kucing-diare-ini-tandanya-bvyaLOKn3R.jpg Penyebab Kucing Diare (Foto: Okezone)

MENGULAS 7 penyebab kucing diare yang tidak disadari pemilik.Ada banyak kemungkinan penyebab diare kucing Anda. Tetapi tinja yang encer biasanya dikaitkan dengan peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan kucing Anda.

Meski asupan makanan terjaga, tidak menutup kemungkinan kucing mengalami masalah kesehatan seperti diare. Kondisi ini kebanyakan membuat sang pemilik kebingungan lantaran tidak mengetahui penyebabnya. Selayaknya diare pada manusia, untuk kucing bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Terdapat 7 penyebab kucing diare yang wajib diketahui pemilik dilansir PETMD:

1. Gangguan Pencernaan

Kucing

Diare pada kucing dapat disebabkan oleh penyakit dan gangguan yang mempengaruhi saluran pencernaan. Sebab, kondisi itu dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan masalah gizi lainnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

2. Parasit

Diare yang kerap dialami anak kucing umumnya disebabkan oleh parasit internal seperti cacing gelang atau cacing pita. Parasit itu dapat mengiritasi lapisan usus dan menyebabkan mencret parah.

3. Infeksi

Infeksi bakteri dan virus juga dapat menyebabkan diare pada kucing dan anak kucing. Anak kucing yang tidak divaksinasi sangat rentan terhadap virus seperti leukemia kucing, panleukopenia, virus imunodefisiensi kucing, dan rotavirus. Oleh sebab itu, alangkah baiknya rutin beri vaksin dan cek kondisi anabul (anak bulu), sebutan bagi peliharaan agar terhindar dari infeksi virus.

4. Perubahan Pola Makan

Perubahan pola makan pada kucing, seperti beralih ke makanan baru, dapat menyebabkan iritasi yang dapat menyebabkan diare ringan atau sementara. Kucing tidak dapat mencerna susu. Jika, memberi mereka sepiring susu atau krim dapat menyebabkan tinja mencair. Selain itu, alergi makanan juga bisa menjadi penyebabnya.

5. Tekanan lingkungan

Sama halnya dengan manusia, diare pada kucing dewasa dan anak kucing dapat disebabkan oleh stres dan kecemasan. Jika Anda pindah ke rumah baru, atau menambahkan hewan peliharaan baru bisa memicu diare pada kucing.

6. Menelan zat beracun

Beberapa kucing bisa memakan apa saja, kondisi ini umumnya berlaku untuk anak kucing yang penasaran. Banyak bahan kimia rumah tangga biasa dan tanaman rumah yang beracun bagi kucing dapat menyebabkan mencret jika tertelan.

7. Efek samping obat

Selayaknya manusia, diare seringkali menjadi efek samping dari banyak obat resep yang digunakan untuk merawat kucing, termasuk antibiotik dan pereda nyeri. Oleh sebab itu, pantau perkembangan anabul saat di masa perawatan dengan konsumsi obat.

Demikian 7 penyebab kucing diare yang wajib diketahui. Jika kucing alami diare segera bawa ke dokter hewan atau klinik hewan untuk mendapat penanganan yang tepat.

(RIN)

 

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini