Share

8 Penyakit Kucing Paling Mematikan, Bisa Bikin Nyawa Hilang

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 16 September 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 612 2668816 8-penyakit-kucing-paling-mematikan-bisa-bikin-nyawa-hilang-ueKhQe8xYj.jpg Penyakit Kucing Berbahaya (Foto: Pet Web MD)

TERDAPAT 8 penyakit kucing paling mematikan tidak banyak diketahui. Termasuk salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan membuat kucing dijadikan hewan peliharaan.

Sebagai hewan peliharaan, demi menjaga tubuhnya agar tetap sehat, para pemilik akan berusaha menjaga asupan dan kebersihan anak bulu tersebut. Bahkan, tak sedikit yang rela rutin mengecek kesehatan dan memberikan vaksin.

Kucing

Meski telah diberi perawatan yang ekstra, tak menutup kemungkinan seekor kucing dapat terjangkit penyakit. Baik itu penyakit biasa maupun mematikan.

Berikut 8 penyakit kucing paling mematikan dirangkum dari Allaboutcat:

1. FELV – Feline Leukemia Virus

Leukemia kucing menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan untuk kucing. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan kucing yang dapat mengakibatkan perkembangan kanker, anemia dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Virus yang menyebabkan penyakit ini menyebar melalui gigitan antara kucing (hewan yang terinfeksi), kontak dekat dengan kucing yang terinfeksi (berbagi mangkuk makanan, perawatan) dan genetik dari ibu yang terinfeksi ke anak-anaknya yang belum lahir.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

2. FIV – Feline Immunodeficiency Virus

Jenis virus ini menginfeksi sel-sel sistem kekebalan dan dapat merusak pertahanan kucing.

Mirip dengan FELV, kondisi ini dapat menyebabkan sistem kekebalan yang lemah dan menyebabkan jenis kanker tertentu. Kucing yang terinfeksi muncul gejala yang mirip dengan FELV meskipun biasanya kurang parah dan juga dapat didiagnosis dengan tes darah di dokter hewan Anda.

Penyakit ini juga telah memiliki perlindungan berupa vaksin yang telah tersedia di beberapa bagian dunia. Gigitan sesama kucing menjadi cara paling umum penyebaran FIV. Oleh sebab itu, sterilkan kucing untuk mencegah perkelahian membantu mengurangi penyebaran FIV.

3. FIP – Feline Infectious Peritonitis

Kondisi ini sering terjadi pada kucing muda. Penyakit ini disebabkan oleh bentuk virus Covid- 19 yang bermutasi.

Namun jangan khawatir, jenis virus corona sebagai penyebab berbeda dengan yang menyebabkan pandemi COVID-19 di seluruh dunia dan tidak dapat ditularkan ke manusia dari kucing.

Meski demikian, virus itu menyebabkan penyakit parah pada kucing dan dapat muncul dalam bentuk 'basah' atau 'kering' dengan gejala yang berbeda.

4. Rabies

Rabies menjadi ancaman serius bagi hewan peliharaan dan manusia di banyak bagian dunia. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu kurang lebih 7 hari dengan menyerang sistem saraf dan bersifat zoonosis (dapat menular dari hewan ke manusia), sehingga menjadi penyakit yang mematikan.

Jika terinfeksi harus dibawa ke dokter hewan sesegera mungkin. Kucing yang terinfeksi bisa mendapatkan vaksin tahunan untuk mencegah infeksi.

5. Flu Kucing

Flu kucing tak jarang dianggap sebagai penyakit kucing yang berbahaya lantaran orang sering mengaitkannya dengan jenis flu yang diderita manusia. 

Kondisi ini dapat muncul sebagai bersin yang tidak berbahaya pada beberapa kucing dan pada yang lain dapat menyebabkan penyakit parah. Flu kucing diketahui sangat menular dan menyebar seperti api di antara kucing.

6. Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit Ginjal Kronis menjadi salah satu penyakit paling umum pada kucing, terutama seiring bertambahnya usia. Dalam banyak kasus, penyebab penyakit ginjal tidak diketahui. Oleh sebab itu, pencegahan bukanlah sesuatu yang banyak kita fokuskan dengan penyakit ini.

7. Diabetes

Tak hanya manusia, diabetes juga menyerang psra kucing. Diabetes terjadi lantaran kurangnya jumlah insulin (atau kekurangan) dalam tubuh, yang menghasilkan kadar gula yang sangat tinggi.

Tak seperti manusia, kucing hampir selalu membutuhkan suntikan insulin untuk mengendalikan diabetes mereka. Sementara, beberapa manusia dapat mengendalikannya dengan diet.

8. Hipertiroidisme

Kucing dapat mengembangkan tiroid yang terlalu aktif seiring bertambahnya usia dan dapat menyebabkan terserang penyakit ini.

Demikian 8 penyakit kucing yang paling mematikan. Tak sedikit yang belum mengetahui salah satu penyakit di atas.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini