Share

Kopi atau Apel, Mana yang Lebih Cocok dan Sehat untuk Sarapan?

Tim Okezone, Okezone · Senin 19 September 2022 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 18 298 2669819 kopi-atau-apel-mana-yang-lebih-cocok-dan-sehat-untuk-sarapan-HHFxSGONlq.jpg Kopi dan Apel (foto: istimewa)

BUAH apel dan kopi dikenal sebagai menu sarapan yang praktis. Apalagi bagi mereka yang hendak buru-buru melakukan pekerjaan di pagi hari. Dua menu itu anti ribet dan anti gagal. Namun mana yang lebih baik untuk dikonsumsi di pagi hari?

Buah apel terkenal sebagai buah yang cocok untuk diet. Selain memiliki rasa yang enak dan cruchy, buah berbiji ini juga dikenal kaya manfaat. Tubuh menjadi lebih sehat setelah mengonsumsi apel secara rutin. Karena kandungan antioksidan, flavonoid, dan serat makanan di dalam buah tersebut. Apel dikenal mampu membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, hingga jantung, dikutip dari Healthline (Minggu, 18/9/2022).

 apel

Selain itu, kalori yang terkandung di dalam buah apel sangat kecil. Dikutip dari fatsecret.co.id, hanya ada 72 kalori dalam apel. Atau sekitar 4 persen dari kebutuhan kalori tubuh. Lemak dan proteinnya pun juga sedikit. Kurang dari 0,5 gram atau setara 2 persen dari kebutuhan kalori tubuh. Hampir sebagian besar kandungan apel adalah karbohidrat. Yaitu sekitar 19,06 gram atau setara 95 persen dari 2000 kalori yang dibutuhkan.

Sedangkan kopi, kalori yang tersedia sangat sedikit yaitu hanya 2 kalori. Meski begitu, kandungan protein dalam kopi cukup tinggi yaitu sekitar 59 persen dari kebutuhan protein untuk tubuh. Hal ini karena terbuat biji-bijian sehingga tinggi akan protein nabati.

 secangkir kopi

Kandungan lain seperti lemak dan karbohidrat juga ada dalam kopi. Ada sekitar 20-22 persen lemak dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh terdapat dalam satu cangkir kopi.

Meski apel dan kopi memiliki kalori, lemak, protein dan karbohidrat di dalamnya, apel dinilai lebih baik dikonsumsi saat pagi. Karena tidak menimbulkan naiknya asam lambung. Asal lambung sangat aktif saat malam dan pagi hari.

Hal ini juga disampaikan oleh ahli nutrisi, Dr Sarah Brewer, dikutip dari DailyMail (18/9/2022), yang menyebutkan bahwa waktu ideal untuk mengonsumsi makanan minuman berkafein itu adalah sekitar di pukul 10 pagi. Karena level hormon kortisol, zat yang memicu stress, sedang sangat menurun yaitu di waktu sekitar pukul 09.30 pagi dan 11.30 siang. Tapi sayangnya,mayoritas peminum kopi malah meminum gelas kopi pertamanya di hari itu terlalu awal.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(vvn)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini