Share

Koleksi Fashion Indonesia Mulai Diminati di Paris, Wastra Nusantara Paling Diminati

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 19 September 2022 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 194 2670707 koleksi-fashion-indonesia-mulai-diminati-di-paris-wastra-nusantara-paling-diminati-2pQa2z21xY.jpg Indonesian Fashion Chamber. (Foto: MPI/Faisal Rahman)

KARYA fashion desainer Indonesia memang sudah banyak diakui dunia. Para desainer Indonesia pun cukup yakin bahwa pasar Eropa bisa menjadi target market fashion di kemudian hari.

Salah satu negara di Eropa yang banyak meminati produk fashion Indonesia adalah Prancis. Tidak heran, jika sebanyak 17 desainer Indonesia baru saja menyelenggarakan event Front Row di Paris. Walaupun tak bisa dipungkiri masih banyak warga Paris yang belum terlalu melek akan produk fashion Indonesia.

"Karya fashion para desainer Indonesia yang tampil di Front Row Paris diapresiasi dengan sangat baik oleh warga Paris. Mereka banyak yang suka, tapi belum kenal lebih jauh," terang National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma, saat ditemui di The Westin Jakarta, Senin (19/9/2022).

Fashion Modest

Ali menjelaskan, banyak penduduk Paris yang belum terbiasa melihat karya fashion dengan balutan wastra Nusantara. Itu yang membuat mereka juga belum begitu terbiasa dengan karya fashion dari desainer Indonesia.

"Kebanyakan karya fashion yang ditampilkan di Front Row Paris itu menonjolkan wastra Nusantara dan ternyata pencinta fashion Paris belum begitu terbiasa melihat produk seperti itu," katanya.

Itu kenapa, sambung Ali, IFC memfasilitasi para anggota desainer agar menjajal pasar Paris sebelum akhirnya benar-benar membuka pasar di Eropa. Ini penting supaya para desainer ini bisa 'cek ombak' mengetahui kesukaan pasar Eropa, khususnya Paris.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Kami terbang ke Paris, melangsungkan Front Row bukan semata-mata mengenalkan produk fashion desainer Indonesia, tapi juga mempelajari pasar yang ada di sana. Itu penting supaya bisnis fashion Indonesia semakin diakui dunia," ujarnya.

"Walau tak bisa dipungkiri bahwa mereka suka dan approved dengan produk fashion kami, namun tetap ada hal yang perlu diperbaiki, sehingga ekosistem fashion Indonesia di pasar dunia semakin berkembang dan berhasil," tambah Ali.

Di Front Row Paris, desainer yang unjuk gigi antara lain Novita Yunus, Sofie X Rose.Ma.Lina, Nina Nugroho, Mida Gita Fitria, Lisa Fitria, Lenny Agustin, Ali Charisma, Deden Siswanto, dan beberapa jenama lokal seperti Hikmat Fashion, BBPPMVP BISPAR X SMKN 3 Malang, Nura Boutique by Oewi Wahyono, Rumah Kebaya Vielga, Tenun Gaya by Wignyo, LAELYIND, dan ISWI Fashion Academy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini