Share

Suka Ngerujak Pakai Kedondong? Ini 11 Manfaatnya untuk Kesehatan

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 19 September 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 298 2670591 suka-ngerujak-pakai-kedondong-ini-11-manfaatnya-untuk-kesehatan-oicuXCBqEf.jpg Ilustrasi Buah Kedondong. (Foto: Shutterstock)

BAGI penyuka rujak, tentu saja familiar dengan buah kedondong. Buah kedondong punya rasa yang asam, paling pas dipadukan dengan sambal rujak yang manis dan pedas.

Buah kedondong umum ditemukan di berbagai negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Teksturnya yang keras dengan rasa asam yang khas sering kali dijadikan pelengkap lalapan atau rujak.

Tak sekadar memanjakan lidah, buah kedondong ternyata punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh Apa saja manfaat kedondong? Berikut seperti dilansir dari KlikDokter.

Meningkatkan Imunitas

Dalam satu potong buah kedondong mengandung kadar vitamin C sekitar 30 mg. Apabila Anda mengonsumsi setidaknya dua buah potong kedondong, maka kebutuhan harian akan vitamin C Anda dapat terpenuhi.

Dengan terpenuhinya kadar vitamin C, hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kadar vitamin C yang cukup mampu membantu sel-sel pertahanan tubuh dalam menjalankan fungsinya.

Kedondong

Memperlancar Pencernaan

Kedondong mengandung serat sekitar 3.5 sampai 4 gram dalam 1 potong buahnya. Dengan mengonsumsi buah kedondong, hal ini dapat membantu memperlancar pencernaan. Biasanya, mengonsumsi buah kedondong dibarengi juga dengan buah lainnya seperti halnya pada rujak. Tentunya hal ini akan semakin baik dalam memperlancar pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah kedondong mengandung vitamin A sebanyak 233 IU. Karena itulah, kedondong bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A juga berperan dalam pembentukan fotoreseptor rhodopsin atau fotopigmen yang ditemukan pada sel batang di retina, yang akan membantu mata untuk melihat di malam hari. Bila kebutuhan vitamin A dalam tubuh tidak tercukupi, gejala yang paling sering muncul salah satunya adalah rabun senja.

Menangkal Radikal Bebas

Kedondong merupakan buah yang mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan tersebut memiliki manfaat untuk menetralisir radikal bebas. Jumlah radikal bebas yang terlalu berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan Anda rentan terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit kanker, aterosklerosis, katarak, dan lainnya.

Memelihara Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen. Bila produksi kolagen di dalam tubuh baik, kulit pun akan menjadi sehat. Untuk mendapatkan manfaat buah kedondong yang satu ini, barengi juga dengan perawatan kulit dari luar agar lebih maksimal. Misalnya dengan eksfoliasi, penggunaan tabir surya, dan lainnya.

Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah kedondong juga bisa membantu mencegah penuaan dini. Penuaan dini dapat menyebabkan wajah tampak terlihat lebih tua sebelum waktunya. Tanda penuaan dini di wajah bisa berupa kerutan garis halus dan muncul bintik hitam di kulit.

Membantu Mengendalikan Kolesterol

Vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah untuk membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Vitamin C dapat membantu metabolisme kolesterol di tubuh untuk menjadi asam empedu. Dengan begitu, kolesterol di dalam darah menjadi lebih stabil, sehingga terhindar dari risiko kesehatan yang lebih serius.

Mengurangi Berat Badan

Buah kedondong memiliki kandungan lemak sejumlah 0.31 gr yang tergolong rendah, namun berserat tinggi sejumlah 3.5 gr. Selain berfungsi untuk melancarkan pencernaan, serat juga dapat membuat perut kenyang lebih lama. Karena itu, kedondong bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk menurunkan berat badan. Namun, tetap harus dikombinasikan dengan pola makan bernutrisi seimbang serta olahraga yang teratur.

Menghalau Anemia

Buah kedondong mengandung zat besi dan vitamin B1 (thiamine). Keduanya merupakan mikronutrien penting untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah. Ketika kekurangan zat besi dan vitamin B1, sel darah merah yang diproduksi tubuh pun akan berkurang jumlahnya, yang kemudian dapat menyebabkan anemia.

Baik untuk Kesehatan Organ Reproduksi

Kandungan vitamin A yang tinggi tidak hanya berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Vitamin A dapat membantu dalam pembentukan sel telur serta sel sperma. Jadi, jika Anda ingin kesehatan reproduksi terjaga, konsumsilah buah kedondong secara rutin.

Mencegah Dehidrasi

Manfaat buah kedondong lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah membantu mencegah dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika cairan tubuh yang masuk lebih banyak dari yang keluar. Salah satu kondisi yang dapat memicu dehidrasi adalah diare. Buah kedondong mengandung air sekitar 90-100 gram air dalam satu potong buah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini