Share

Sering Dipakai Geisha Jepang, Benarkah Masker Kotoran Burung Ampuh Hilangkan Jerawat?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 19 September 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 611 2670366 sering-dipakai-geisha-jepang-benarkah-masker-kotoran-burung-ampuh-hilangkan-jerawat-9ZL8h7oljs.jpg Ilustrasi Masker Wajah. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT memang menjadi salah satu penyakit kulit yang paling banyak menyerang orang-orang. Jerawat bisa terjadi karena berbagai macam penyebab, seperti penggunaan makeup, debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Tapi, jerawat juga bisa terjadi karena faktor hormonal. Selain benjolan karena jerawat, masalah kulit ini juga menyisakan bekas yang bisa mengganggu penampilan. Tidak heran, berbagai cara rela dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Salah satu cara unik yang konon dapat mengatasi jerawat dengan efektif adalah dengan memanfaatkan masker kotoran burung. Lantas, apa kata medis terkait manfaat masker kotoran burung untuk mengatasi jerawat di wajah? Apakah efektif dan aman, atau sebaliknya? Yuk, cari tahu fakta sebenarnya seperti dilansir dari KlikDokter.

Kotoran burung untuk mengobati jerawat diperkenalkan oleh seorang penulis bernama Bryanne Salazar. Ia mengaku membeli sebuah masker wajah bernama “uguisu no fun” atau bila diterjemahkan menjadi kotoran burung bulbul.

Masker Wajah

Menurut wanita tersebut, selama lebih dari 1.000 tahun para geisha Jepang telah menggunakan kotoran burung bulbul untuk mencerahkan dan membersihkan kulit wajahnya.

Lalu, bagaimana efektivitasnya menurut medis? Menjawab pertanyaan, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan bahwa bird poop atau kotoran burung mengandung enzim yang disebut guanin. “Asam amino yang ada di dalamnya (kotoran burung) juga diduga dapat bekerja sebagai agen pemutih alami, mencerahkan lingkaran hitam, dan noda,” jelas dr. Theresia.

Akan tetapi, dr. Theresia menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian medis yang menyatakan efektivitas masker kotoran burung untuk mengatasi jerawat. “Perlu adanya penelitian medis lebih lanjut untuk memastikan manfaat terapi tersebut untuk kesehatan kulit,” ucap dr. Theresia Rina.

Karena keamanan dan efektivitasnya belum jelas, Anda sebaiknya berhati-hati apabila hendak mencoba masker tinja burung. Bisa saja, kulit Anda tidak cocok dengan kandungan di dalamnya, sehingga bikin jerawat tambah gawat.

Daripada menggunakan bahan-bahan belum jelas efektivitas dan kredibilitasnya, akan lebih baik jika Anda mengandalkan obat jerawat dari dokter. Pasalnya, sebelum memberikan obat, dokter pasti akan mempertimbangkan seberapa parah jerawat yang Anda alami. Selain itu, dokter juga akan mempertimbangkan zat-zat apa saja yang sekiranya diperlukan untuk mengatasi keluhan.

Dengan sederet pertimbangan tersebut, obat jerawat yang diberikan dokter cenderung lebih aman dan efektif untuk mengatasi keluhan yang Anda alami. Hal penting lain yang mesti diperhatikan, yaitu mengubah gaya hidup dan pola makan agar lebih sehat lagi. Pada dasarnya, jerawat dan masalah kulit lain tak cukup diatasi hanya dengan pengobatan dari luar.

Nah, untuk membantu ‘mengobati’ dari dalam, Anda perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Caranya adalah dengan cukup istirahat, mengelola stres dengan baik, rutin berolahraga, dan menghindari rokok maupun alkohol.

Anda pun perlu mengonsumsi asupan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Batasi atau hindari menu yang tinggi minyak, lemak, dan gula. Ganti camilan Anda menjadi buah-buahan segar kaya vitamin yang mampu menutrisi kulit, seperti jeruk, alpukat, dan sejenisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini